Palopo Kini Miliki Unit Metrologi Legal – Palopo Pos
Metro

Palopo Kini Miliki Unit Metrologi Legal

*Lindungi Konsumen dari Kecurangan Alat Ukur

PALOPO — Komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo dalam memberikan perlindungan kepada para konsumen dari beragam kecurangan alat ukur, timbang, maupun takar akhirnya terwujud.

Sebuah gedung laboratorium metrologi legal akan melakukan uji tera terhadap alat ukur para pengusaha dan pedagang. Gedung tersebut berlokasi di Kelurahan Tobulung, belakang kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Palopo.

“Benar, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Metrologi Legal Pemkot Palopo sudah kita miliki, dan kami segera melakukan tugas dengan melakukan pengawasan alat ukur, takar, timbang, dan perlengkapan lainnya,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Palopo, Zulkifli Halid via ponselnya, Selasa 12 September 2017 kemarin.
Anggaran gedung Metrologi Legal tersebut menyedot Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp2,7 Miliar dengan konsultan pengawas Alif Konsultan dengan pelaksana kegiatan PT Piranti Jagat Raya.

Keberadaaan UPTD Metrologi Legal di Kota Palopo tentunya akan melindungi masyarakat dari kecurangan dalam tata niaga berdasarkan Undang-undang No 8 /1999 tentang Perlindungan Konsumen.

BACA JUGA:  Longsor di Kambo, Satu Rumah Ambruk

Pegawai yang dilibatkan dalam UPTD Metrologi Legal Palopo yakni dua orang ahli tera dan dua orang pengamat tera. Mereka akan memberikan pelayanan sebaik mungkin serta menjamin kebenaran hasil pengukuran sebagaimana aturan yang berlaku.

Biasanya tiap tahun atau enam bulan sekali UPTD Metrologi Legal kelapangan melakukan uji kelayakan alat ukur yang digunakan para pedagang maupun pengusaha.
“Jadi semua yang menggunakan alat ukur, seperti pertamina, toko emas, dan pedagang beras akan dicek kebenaran alat ukurnya,” tegas Zulkifli.

Tentunya, masih kata Zulkifli, keberadaan Metrologi Legal Palopo sudah seiring dengan peningkatan kegiatan perekonomian. Dimana para perdagang sudah kebanyakan menggunakan alat-alat ukur, takar, timbang.

Nah, untuk melindungi konsumen, Pemkot Palopo kini memberikan jaminan dalam kebenaran pengukuran serta kepastian hukum dalam pemakaian satuan ukuran yang telah ditetapkan.
“Saya yakin keberadaan UPTD Metrologi Legal mendapat sambutan dari masyarakat,” ujarnya.

Namun demikian, untuk pelaksanaan kegiatan UPTD Metrologi Legal Palopo masih terbentur operasional alat tera maupun tera ulang. Mengingat seperangkat alat yang akan digunakan untuk mengetahui kelayakan alat ukur belum ada.

BACA JUGA:  Waspada! Mamin Kadaluarsa Beredar

“Kita masih tunggu alat-alat laboratorium. Yang pasti alatnya masih dalam tahap pengadaan. Kemungkinan tahun 2018 mendatang UPTD Metrologi Legal Palopo sudah berfungsi maksimal,” tandasnya. (him/rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top