Ritual Ma’nene, Ratusan Mayat di Toraja Dikeluarkan dari Liang Batu – Palopo Pos
Toraja

Ritual Ma’nene, Ratusan Mayat di Toraja Dikeluarkan dari Liang Batu

TORAJA UTARA – Acara ma’nene, ritual adat membersihkan jasad leluhur sedang berlangsung di Lo’komata, Lembang Tonga Riu, Kecamatan Sesean Suloara. Sepekan acara tiga tahunan itu dilaksanakan di beberapa lokasi. Kegiatan itu diawali dengan ritual membuka pintu liang kubur.

Seluruh liang yang jumlahnya ratusan kini dalam dalam posisi pintu terbuka. Jasad mayat yang sudah ratusan tahun disimpan serta yang baru akan dibersihkan. Baju dan asesori yang dikenakan diganti oleh kerabatnya.

Ma’nene adalah acara adat yang dilakukan untuk mengenang, menghormati kasih sayang leluhur, serta merawat kekerabatan dan ikatan kekeluargaan orang Toraja.

“Ini yang sudah tiga kali dilaksanakan sejak ditetapkan dilaksanakan tiga tahun sekali. Sepekan ini jenazah dikeluarkan untuk dibersihkan dan pakaiannya diganti. Setelah dibungkus rapi, mayatnya ditaruh kembali di liang asalnya,” ungkap ML Bumbungan, tokoh masyarakat Lo’komata, Selasa (12/9/2017).

Setelah membersihkan mayat acara itu akan diahiri dengan syukuran makan bersama yang akan diramaikan oleh atraksi adu kaki atau sisemba. (fjr)

BACA JUGA:  Menteri PPPA Launching Tator dan Torut Jadi Kota Layak Anak

Click to comment

Most Popular

To Top