Syaratnya Bukan Perokok – Palopo Pos
Utama

Syaratnya Bukan Perokok

* Kemenkes Terima 1000 CPNS

JAKARTA — Kemenkes akan merekrut 1000 CPNS untuk tahun 2017. Mereka akan bersaing memperebutkan sejumlah formasi. Tentu yang diterima sesuai dengan kualifikasi pendidikan, baik S1, S2, dan D3. Kemudian ada kriteria laina. Salah satunya syarat bukan perokok.

Pada pengumuman Nomor:KP.01.01/IV/779/2017 tentang penerimaan CPNS Kemenkes Tahun 2017 sudah tertera syarat dan unit kerja yang mendapatkan alokasi formasi. Ada juga beberapa jabatan dan kualifikasi pendidikan
yang berhak ikut dalam seleksi CPNS tersebut. Pengumuman tersebut ditandatangani oleh dr Untung Suseno Sutarjo, M.Kes, ketua tim pengadaan CPNS kemenkes tahun 2017.

Di Sulsel, unit kerja yang dibawahi kemenkes yang mendapatkan alokasi formasi CPNS, yakni, RSUP dr Wahidin Sudirohusodo, RS Kusta Dr Tajuddin Chalid Makassar, Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Makassar, Balai Kesehatan Mata Makassar. Kemudian Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan Makassar.

Ini unit kerja direktorat jenderal pelayanan kesehatan. Untuk unit kerja Badan PPSDM Kesehatan, misalnya, Poltekkes Kemenkes Makassar mendapat jatah formasi CPNS. ”Untuk lebih rincinya silakan klik situs BKN,” ujar Menteri Kesehatan Prof Dr dr Nila Djuwita F. Moeloek, Sp.M (K), melalui Untung Suseno.

Adapun yang bisa lamar CPNS kemenkes, rincinya, bisa D3 farmasi, apoteker, dokter umum, dokter gigi dan Analisis Farmasi, dan S2 Antropologi. ”Mereka akan memperebutkan 1000 formasi CPNS yang pendaftarannya mulai dibuka tanggal 11 September,” katanya.

Mengenai soal perokok, ia menyebutkan bahwa Indonesia memiliki budaya merokok yang tinggi khususnya untuk kaum adam. Maka dimungkinkan akan banyak CPNS yang akan gugur sebelum berperang.

Ada beberapa hal dalam persyaratan penerimaan CPNS di Kementerian Kesehatan yang cukup berbeda bila dibandingkan dengan persyaratan penerimaan CPNS Kementerian/Lembaga lainnya, yaitu, kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan dalam formasi CPNS Kemenkes yang dibuka sebagian besar diperuntukkan bagi lulusan kesehatan, meskipun terdapat formasi non kesehatan, yakni dosen untuk penempatan di Poltekkes Kemenkes.

Pelamar tidak memiliki kebiasaan merokok. ”Inilah salah satu langkah konkrit dari komitmen Kemenkes dalam melindungi dan menyehatkan masyarakat. Harapannya, CPNS Kemenkes yang akan diterima juga berkomitmen untuk selalu menjaga kesehatan mulai dari diri sendiri,” ujar dia.

Kemudian tidak diperbolehkan untuk mengajukan pindah selama 5 (lima) tahun sejak diangkat sebagai CPNS sesuai dengan peminatan.
Bagi pelamar yang berminat untuk ditempatkan di Kantor Kesehatan pelabuhan (KKP), diutamakan laki-laki, bersedia bekerja dalam sistem shift, bersedia dan mampu melakukan pemeriksaan kapal dalam karantina baik di dermaga maupun di lepas pantai dengan sarana tangga tali dan tangga biasa, memiliki kemapuan berenang dan bahasa inggris aktif. (ary)

Click to comment

Most Popular

To Top