Wow, Anggota DPRD akan Bergaji Rp23 Juta – Palopo Pos
Metro

Wow, Anggota DPRD akan Bergaji Rp23 Juta

PALOPO — Para anggota DPRD Palopo akan bergaji Rp23 Juta per bulan. Meski masih dalam tahap perkiraan, namun dipastikan 25 anggota DPRD Palopo bisa sedikit tersenyum.

Pasalnya, adanya kenaikan 100 persen dari gaji yang mereka dapatkan sebelumnya.
Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palopo, Hamzah Jalante menggambarkan gaji para legislator itu akan naik dari Rp11 Juta menjadi sekitar Rp23 Juta per bulan.

Namun, jumlah tersebut masih sebatas perkiraan lantaran masih menunggu Peraturan Wali Kota (Perwal) untuk mengetahui jumlah pastinya.
“Semua masih dalam proses penggodokan, namun yang pastinya kenaikan ini dua kali lipat,” katanya, siang kemarin.

Menurutnya, kenaikan gaji ini tetap didasarkan pada postur APBD Kota Palopo. Pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo akan mengambil dasar kenaikan itu dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) dua tahun lalu.

“Untuk pendapatan Kota Palopo 2015-2016 berkisar Rp92,2 Miliar, tahun 2016 Rp122 Miliar dan tahun 2017 mencapai Rp170 Miliar,” sebutnya.
Ia menambahkan, perubahan pada pendapatan dan belanja daerah tersebut disebabkan karena adanya perubahan kebijakan fiskal pemerintah pusat.

“Adanya tambahan pendapatan seperti dana hibah pasca bencana, dana bos, hibah PDAM, dana perimbangan DBH, pajak bukan pajak, pengembalian dan tambahan PAD pada pajak restoran, PBB, dan BPHTB serta IMB,” terangnya.

Keputusan kenaikan gaji DPRD tersebut tertuang dalam APBD Perubahan 2017 yang nantinya akan disahkan dalam rapat paripurna DPRD dengan Pemkot Palopo.
“Makanya anggaran kenaikan gaji anggota DPRD ini akan dimasukkan dalam APBD perubahan, dan disitu nantinya kita akan mengetahui secara rinci atas kenaikan tersebut,” tandasnya. (rul/rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top