Damkar Ajarkan Murid TK Padamkan Api – Palopo Pos
Metro

Damkar Ajarkan Murid TK Padamkan Api

PALOPO — Api memang bisa membahayakan bagi manusia, terlebih jika kobarannya membesar. Untuk itu perlu adanya antisipasi pada bahaya kebakaran, terutama penanganan awal.

Taman Kanak-kanak (TK) Kartika Kota Palopo mencoba mengenalkan penanganan kebakaran ini sejak dini. Puluhan siswa kelas TK kecil dan besar ini mengikuti serentetan pelatihan penanganan kebakaran api di halaman Kantor Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Palopo Jl Pongsimpin Kota Palopo, Rabu 13 September 2017.

Kadis Damkar dan Penyelamatan Kota Palopo, Muh Rais mengatakan, kegiatan ini lebih untuk pengenalan anak-anak pada bahaya api. Sebab pada dasarnya api bisa menjadi kawan atau lawan bagi manusia.

Menjadi lawan jika api yang menyala terlalu besar dan melahap barang-barang kebutuhan milik manusia.
“Anak-anak dikenalkan soal bahaya api dan menangani jika api itu masih kecil. Hal ini kami lakukan agar anak-anak bisa merasakan sendiri bagaimana cara menangani kebakaran bukan hanya dari membaca dan penjelasan saja,” kata Muh Rais disela-sela simulasi pemadaman api yang dilakukan kepada puluhan murid TK Kartika tersebut.
Ia menyebutkan, pengenalan lebih pada cara pemadaman api dengan penyemprotan langsung.

BACA JUGA:  Menunggak Iuran Bisa Denda Sampai Rp30 juta

“Beberapa teori kami ajarkan untuk memadamkan api. Intinya kami ingin anak-anak yang ikut dalam pelatihan ini bisa berani untuk memadamkan api kebakaran kecil karena sudah tau caranya,” jelasnya.(rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top