Jenderal Bintang Satu AD Kunjungi Istana Luwu – Palopo Pos
Metro

Jenderal Bintang Satu AD Kunjungi Istana Luwu

JAKARTA — Jenderal Bintang 1 dari TNI Angkatan Darat, Brigadir Jenderal TNI Inf Muslimin Akib mengunjungi Istana Kedatuan Luwu, Ahad 24 September 2017.

Beliau (Brigjen M. Akib,red) meninjau dan mengelilingi Istana Kedatuan Luwu di Palopo dan merencanakan untuk pembersihan beberapa sudut yang akan melibatkan unsur TNI.

“Alhamdulillah ada orang yang mau berbuat untuk memperbaiki Istana Kedatuan Luwu,” kata,” Andi Ida Nursanty dalam grup Tudang Ade Kedatuan.

Brigadir Jenderal TNI Inf M. Akib (kanan) saat berkunjung di Istana Kedatuan Luwu. IST

Dikatakan Andi Ida, Brigjen M. Akib berpandangan bahwa Istana Kedatuan adalah aset yang sangat berharga dan bermutu bagi bangsa. Maka sepatutnya dijaga dan dilestarikan sehingga menjadi sestinasi wisata yang menarik.

Sebagaimana diketahui, Istana Kedatuan Luwu akan menjadi tuan rumah Festival Keraton Nusantara (FKN) tahun 2019 mendatang. Yang sebelumnya diselenggarakan di Cirebon 2017.

Sebelumnya, Yang Mulia Datu Luwu Andi Maradang Mackulau Opu To Bau mengungkapkan untuk menyambut FKN 2019, tetapi masih banyak hal yang harus dibenahi dan dipersiapkan.

Yakni meliputi fasilitas Bandara Lagaligo di Bua. “Sejatinya bandara 2019 nanti harus bisa didarati pesawat berbadan besar yang memuat rombongan raja-raja se-Nusantara,” ujarnya,”.

Selanjutnya hal yang harus dibenahi adalah fasilitas hotel berbintang. “Di Palopo masih sangat kekurangan kamar menyambut tamu kerajaan. Yang datang nanti ini ribuan orang seluruh Indonesia, bahkan rencananya Presiden juga akan hadir,” jelasnya.

Untuk itu, perlunya pemda se-Luwu Raya mempersiapkan event akbar tersebut. “Kapan lagi event seperti ini hadir di Tanah Luwu,” sebutnya. (idr/fmc)

Click to comment

Most Popular

To Top