Camat Suli Monitoring Program Desa – Palopo Pos
Luwu

Camat Suli Monitoring Program Desa

BELOPA — Guna memaksimalkan pembangunan 2017 dan perencanaan program 2018, pemerintah kecamatan Suli melakukan monitoring program 2017 dengan mendatangi desa-desa. Hal ini dilakukan agar pelaksanaan pembangunan di tingkat desa bisa berjalan dengan maksimal.

Camat Suli, Abdul Hafid Dakka saat rapat kordinasi dengan pemerintah desa Lempopacci, Rabu 11 Oktober 2017, kemarin, mengatakan pembangunan di tingkat desa sangat tampak saat ini. “Walaupun desanya baru, namun pembangunan yang ada sangat tampak.

Ini karena dampak adanya alokasi dana desa, hanya saja memang tidak selamanya semua kebutuhan masyarakat bisa langsung terpenuhi. Karena adanya keterbatasan anggaran, kita selesaikan satu program masih ada program lainnya yang mau kita kerjakan,” tandasnya dalam pertemuan itu.

Lebih jauh, ia berharap agar proses pembangunan ke depan melibatkan masyarakat. Untuk proses pembangunan melalui musrenbang dengan menentukan skala prioritas merupakan bentuk pelibatan masyarakat dalam merancang program desa.

“Saat ini untuk 2018 kita tunggu plafond anggaran tahun 2018. Saya harapkan, agar stakeholder di tingkat desa bisa melibatkan masyarakat. Hal ini penting, agar warga juga aktif dalam proses pembangunan,” ujar mantan Camat Suli Barat itu.

Pada kesempatan itu, Hafid juga mensosialisasikan sejumlah program pemerintah yang akan dilaksanakan pada tahun 2018, salah satunya program yang akan dilaksanakan dibidang kesehatan.

“Salah satu program yang akan dilaksanakan adalah program pemerintah yang akan menanggung BPJS seluruh masyarakat kabupatsn Luwu tanpa terkecuali. Sehingga ketika kita memeriksakan kesehatan tidak akan dipungut biaya, sesuai dengan yabg dikaver oleh pemerintah,” tandasnya.

Senada dengan itu, Sekretaris Camat Suli, Agusalim berharap agar perencanaan pembangunan 2018 bisa dipermantap. Hanya saja, dirinya berharap agar kepala dusun bisa terlibat aktif mengusulkan program yang berbasis kebutuhan.

“Kepala dusun harus buat catatan, caranya datangi warga apa progra,m yang dibutuhkan. Kalau sudah ada, saat musrenbang hal ini harus jadi perhatian dan usulan,” tandasnya.(fan/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top