Cegah Korupsi, Wali Kota Teken e-Kinerja – Palopo Pos
Metro

Cegah Korupsi, Wali Kota Teken e-Kinerja

MAKASSAR — Seluruh kepala daerah se Sulsel melakukan penandatanganan berita acara serah terima source code aplikasi perizinan dan TPP (sistem e-Kinerja) Implementasi Siskeudes yang dilaksanakan, di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel, Rabu 11 Oktober 2017.

Kegiatan ini digelar dalam rangka sosialisasi pemberantasan korupsi terintegrasi Provinsi Sulsel. Rapat dan penandatangan ini dihadiri seluruh kepala daerah se Sulsel, termasuk Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, MH.

Dalam sambutannya, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, source code aplikasi perizinan dan TPP (sistem e-Kinerja) Implementasi Siskeudes ini intinya adalah program yang akan mencegah pemerintah derah untuk melakukan korupsi.

“Karena dengan program ini nantinya kalau ada kepala daerah yang melakukan korupsi atau berencana melakukan korupsi akan terpantau dengan sendirinya,” jelas SYL.

SYL juga mengharapkan guna pencegahan korupsi, masing-masing pemerintah daerah dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) harus punya ikatan kerjasama yang kuat.
”Karena dari berbagai kejadian atau kasus korupsi yang terjadi di daerah lain tidak akan menimpa pemerintahan dalam jajaran Pemprov Sulsel,” tegas SYL.

BACA JUGA:  Pengganti CJH yang Batal Berangkat Wah, Prioritas yang Sudah Haji

Di kesempatan yang sama, Ketua Satgas I KPK, Tri Gamareva mempertegas sosialisasi dan pencegahan terhdap tidak pidana korupsi yang gencar dilakukan KPK sejak 2016, justru tidak berjalan baik. Hal ini dikarenakan data yang ada, terkait tindak pidana korupsi akhir-akhir ini justru semakin bertambah.

“Tindakan pencegahan korupsi oleh KPK secara berkesinambungan dalam bentuk sosilisasi sejak 2016 tidak berjalan sesuai harapan. Karena korupsi justru tidak berkurang akan tetapi semakin bertambah. Ini di tandai dengan maraknya koruptor yang tertangkap tangan oleh KPK,” kata Tri Gamareva.

Bahkan untuk mempertajam program dam mencegah semkin berkembangnya kasus Korupsi, Laniut Tri, KPK melakukan penandatangan komitmen bersama 24 kepala daerah di Sulsel dan bersama-sama menyepakati pencegahan korupsi di setiap daerah masing-masing.

Ditambahkan Tri, bentuk upaya pemberantasan korupsi saat ini lebih di fokuskan pada beberapa proses dalam sistem pemerintahan daerah. Seperti perencanaan APBD, pengadaan barang jasa berbasis elektronik, proses pelayanan terpadu satu pintu, tata kelola dana desa, penguatan APIP, LHKPN dan pengendalian gratifikasi, sinergitas dan partisipasi masyarakat, manajemen ASN dan TPP berbasis kinerja dan manajemen aset daerah dan optimalisasi Pndapatan Asli Daerah (PAD).

BACA JUGA:  Jelang Ramadan, Polsek Telluwanua Bersih-Bersih Masjid

Kegiatan yang dibuka Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL) tersebut selain pelaksanaan penandatanganan berita acara serah terima, juga digelar dengan rapat koordinasi kelistrikan dan telekomunikasi.

Wali Kota saat menghadiri agenda Pemprov tersebut, didampingi Ketua DPRD Palopo, Harisal A Latief. Kepala BPKAD, Hamzah Jalante, Kepala Bappeda, Firmanza DP serta Kepala Bapenda, Abd Waris.(rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top