Rektor Baru Siap Lanjutkan Program – Palopo Pos
Utama

Rektor Baru Siap Lanjutkan Program

* UNCP Dipimpin Suaedi Sarat Prestasi

PALOPO — Tongkat estafet kepemimpinan di UNCP berganti. Dr Suaedi, M.Si digantikan oleh Prof Hanafie Mahtika, MS untuk masa bakti 2017 hingga 2021. Pada acara pelantikan rektor baru, kemarin, kopertis mengakui kepemimpinan Suaedi. UNCP selama dipimpin sarat prestasi. Sedangkan rektor yang baru dituntut lebih hebat dan siap lanjutkan program.

Pelantikan rektor baru dilangsungkan di Ball Room Hotel Agrowisata Latuppa. Disaksikan langsung Ketua Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr Ir Andi Niartiningsih MP, Civitas Akademika UNCP, pimpinan perguruan tinggi kota Palopo, serta pengurus lembaga kemahasiswaan UNCP.

Adapun rektor lama UNCP, Dr Suaedi telah menjabat selama dua periode sehingga berdasarkan aturan yang ada harus digantikan rektor yang baru.
Hal tersebut tertuang pada surat keputusan Yayasan Perguruan Tinggi Cokroaminoto Palopo dengan Nomor:012/YPT-C/X/2017 yang menetapkan Prof Hanafie Mahtika, MS sebagai rektor yang baru untuk masa bakti 2017 hingga 2021.

Rektor Baru UNCP, Prof Hanafie Mahtika, MS yang ditemui usai kegiatan pelantikan menyebutkan bahwa adapun pergantian ini adalah hal yang biasa terjadi di berbagai lembaga pendidikan. Mengenai program dirinya tidak bisa bicara terlalu jauh.

Dikatakannya, usai pelantikan dirinya akan melakukan pertemuan dengan para pejabat yang lama. ”Jadi tidak ada istilah berganti rektornya, berganti pula pejabat lainnya,” ujarnya.

Apalagi, kata dia, kinerja mereka ini sangat baik dan terbukti dengan prestasi yang ditorehkan selama ini. Dirinya berjanji akan mempertahankan para pejabat yang ada. Nantinya akan dibicarakan apa saja program yang belum terlaksana, yang kurang ditambahkan.

“Kan kita tahu bersama di bawah kepemipinan pak rektor sebelumnya, Pak Suaedi ini banyak prestasi yang ditorehkan, jadi kita tinggal melanjutkan saja program yang ada. Tapi yang pastinya program yang paling dekat ini pelaksanaan wisuda 26 Oktober mendatang,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr Ir Andi Niartiningsih MP yang berkesempatan memberikan sambutan, menyampaikan bahwa adapun suasana pergantian kepemimpinan di perguruan tinggi adalah hal yang selalu terjadi. Oragnisasi yang sehat tentunya akan melakukan pergantian kepemimpinan.

Kepada rektor yang baru, dirinya menyampaikan selamat. Sementara untuk rektor yang lama, ia berterima kasih atas dedikasinya selama ini mengantarkan UNCP yang dahulu dianggap biasa-biasa saja, kini telah diperhitungkan dan disegani di wilayah Sulawesi bahkan nasional.

Baru-baru ini, kata dia, dirinya diberikan pemeringkatan PT di Indonesia. Dirinya agak kecewa lantaran dari urutan 1 hingga 60 tidak satupun berada di bawah wilayahnya, kebanyakan didominasi PT yang ada di Jawa. Namun setelah mengecek urutan 62 hingga 130 ada dua diantaranya, yakni UMI dan UNCP.
Nah, UNCP ini kampus yang berprestasi. Bahkan, saat ini sudah masuk kelompok peneliti utama. Untuk wilayah IX Sulawesi hanya ada dua, UMI dan UNCP. Serta prestasi-prestasi lainnya.

Untuk itu, bagi rektor yang baru tentunya hal ini menjadi tantangan bagaimana mempertahankan prestasi yang ada. Bahkan, jika bisa mampu meningkatkan prestasi sehingga road map dari UNCP menuju PT unggul nasional itu bisa tercapai. ”Prestasinya harus lebih dari yang ada sekarang. Sekadar saran, sebaiknya dari sekarang rektor yang baru sudah ada gambaran empat tahun ke depan. Tapi, saya yakin Pak Prof Hanafie ini mampu dalam hal itu mengingatkan kecakapan beliau dalam hal manajerial,” terangnya. (ich/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top