Di Peringatan HKN Ke-53, Kemenkes Bakal Pecahkan Rekor MURI – Palopo Pos
Kesehatan

Di Peringatan HKN Ke-53, Kemenkes Bakal Pecahkan Rekor MURI

Kepala Badan PPSDM Kemenkes, drg. Usman Sumantru, M.Sc (kanan) bersama Sesdirjen Kesehatan Masyarakat Kuwat Sri Hudoyo (kiri) saat jumpa pers di edung Kemenkes, Jakarta, Rabu 8 November 2017. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

JAKARTA — Puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53 tahun 2017 bakal digelar, Ahad 12 November mendatang, diajang car free day Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta.

Pada puncak HK tersebut, Kemenkes selaku penggagas kegiatan bakal memecahkan rekor MURI untuk senam peregangan terbanyak. Tak hanya terbanyak tetapi juga serentak diseluruh ibukota provinsi di Indonesia. Rencananya akan dihadiri sekitar 10 ribu peserta.

Demikian dikatakan Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kemenkes, drg. Usman Sumantru, M.Sc, dalam paparan Rangkaian Acara Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53 di Gedung Kemenkes RI, Jakarta, Rabu 8 November 2017.

Lebih dijelaskan drg Usman, peringatan HKN dilakukan secara rutin tiap tahunnya. Dan untuk tahun ini, tema HKN ke-53 adalah “Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku”.

“Tema sehat keluargaku, sehat Indonesiaku diambil dari pemahaman sudah harus mulai menata keluarga sehat. Kalau keluarga sehat, maka negara juga sehat. Yang ujungnya Indonesia produktif dan sejahtera,” ujar drg Usman menjelaskan.

Setidaknya ada 3 tematik yang ditekankan pada HKN ke-53. Yakni, mencakup aktivitas fisik, pola makan, serta aktivitas terkait pemeriksaan tubuh.

Minimal bergerak 30 menit dalam sehari, perbanyak sayur dan buah untuk perbaikan metabolisme serta fokus pada konsumsi ikan sebagai protein, dan lakukan pemeriksaan gula darah, kolesterol, dan tensi ùntuk dasar melakukan aktivitas.

“Kalau tensi dan gula tidak terkontrol, ujung-ujungnya terkena penyakit stroke, jantung, kanker. Padahal penyakit tidak menular ini bisa dicegah melalui rajin beraktivitas fisik,” sebutnya. (idr/fmc)

Click to comment

Most Popular

To Top