Balap Motor Palopo Lolos Porda – Palopo Pos
Olahraga

Balap Motor Palopo Lolos Porda

PALOPO— Cabang olahraga balap motor Kota Palopo ternyata lolos Porda Sulsel 2018 di Pinrang. Itu setelah pada Pra Porda di Sirkuit Bukit Mario Sidrap pada 17-20 September 2017 lalu, empat pembalap kota ini, berhasil finish dan ditetapkan sebagai peserta Porda.
Menurut Koordinator Cabor Balap Motor Palopo, Jamaluddin Syarif SH kepada Palopo Pos, Kamis, 23 Nopember 2017 kemarin, balap motor Porda mendatang memperlombakan dua kelas yakni kelas 150 cc standar dan kelas 125 cc standar.

Untuk kelas 150 cc, dua pembalap Palopo yang lolos yakni Andi Imanuddin Iqra dan Romansyah Adi Putra. Sedang kelas 125 cc, Palopo juga meloloskan dua pembalap ke Porda. ”Pada Pra Porda lalu, Palopo menurunkan 6 pembalap. Yang lolos Pora empat orang, masing-masing dua orang satu kelas,” terang Jamaluddin yang juga Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kota Palopo.

Pada Pra Porda lalu, panitia belum melakukan penilaian poin sehingga belum ada istilah juara. Panitia hanya melakukan balapan untuk penentuan klasifikasi. Jadi semua pembalap yang ikut start dan berhasil finish ditetapkan sebagai peserta Porda.

”Seluruh kabupaten/kota di Sulsel ikut ambil bagian pada Pra Porda balap motor di Sidrap, kecuali Kebupaten Wajo yang absen. Kita di Luwu Raya, semua ikut dan lolos Porda,” terang Jamal.

Pasca Pra Porda, para pembalap secara rutin mengikuti pelatihan fisik dan mental. Karena tidak sirkuit atau lokasi khusus, maka untuk sementara latihan dilaksanakan di seputaran Islamic Centre.

Kebutuhan cabor balap motor di Porda mendatang yakni pakaian balap, terutama jaket balap yang standar. Motor yang digunakan di Pra Porda merupakan motor pribadi dan ada pula yang menggunakan motor sewa.

Untuk itu, pembalap berharap agar Pemkot maupun KONI dapat memberikan bantuan pengadaan motor balap dan jaket balap untuk pembalap Porda Palopo. ”Kan semangat tong itu pembalap kalau punya motor khusus dipakai balapan. Kalau motor pinjaman, kadang perasaan gimana gitu,” ucap pria yang berprofesi sebagai pengacara ini.

Lolosnya balap motor menambah deretan cabor Palopo yang memastikan diri ikut Porda Sulsel di Pinrang 2018 mendatang. Kemarin dilansir sudah enam cabor Palopo lolos Porda. Ternyata balap motor juga sudah lolos sehingga total untuk sementara, tujuh cabor lolos Porda. Yakni basket, bulutangkis, karate, kempo, sepakbola, catur, dan balap motor. (ikh)

Daftar Cabor Palopo Lolos Porda

1. Basket
2. Bulutangkis
3. Karate
4. Kempo
5. Sepakbola
6. Catur, dan
7. Balap motor.

* Data Diolah dari Berbagai Sumber. (*)

Click to comment

Most Popular

To Top