Masyarakat Dihimbau “Kangen Water” Belum Diakui Kemenkes – Palopo Pos
Kesehatan

Masyarakat Dihimbau “Kangen Water” Belum Diakui Kemenkes

Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse

JAKARTA — Masyarakat harus jeli dan pandai dalam memilih air minum. Banyaknya beredar informasi terkait air terpurifikasi seperti kangen water yang mampu menyembuhkan dan menyehatkan, membuat Kementerian Kesehatan mengeluarkan himbauan ke masyarakat agar berhati-hati dengan informasi seperti diatas.

Himbauan tersebut dikeluarkan, setelah Kementerian Kesehatan RI memeriksa terhadap produk mesin purifikasi air yang diperdagangkan oleh PT Enagic Indonesia (EI) pada 10 November 2017.

Hasilnya, Kemenkes menginstruksikan empat hal, Pertama, menarik semua brosuk terkait informasi yang mengklaim produk mesin Kangen Water yang “telah diakui negara”.

Kedua, menarik semua brosur terkait informasi yang mengklaim bahwa produk mesin Kangen Water sebagai “medical device”.

Ketiga, tidak boleh mengklaim bahwa produk mesin ionisasi sebagai produk yang dapat “menyehatkan dan/atau menyembuhkan”.

Serta keempat, himbauan PT El agar menindaklanjuti hasil pemeriksaan dalam waktu tujuh hari.

Kementerian Kesehatan juga telah mengeluarkan surat untuk distributor alat purifikasi air Kangen Water yang menyatakan produk tersebut belum termasuk alat kesehatan, karena tidak ada bukti ilmiah. Oleh karena itu, Kemenkes RI mengimbau agar tidak mengklaim sebagai produk kesehatan pada penjualannya.

Kemenkes turut menyarankan masyarakat agar berhati-hati terhadap produk yang dijual bebas, baik melalui TV, media atau dijual di mal atau Multi Level Marketing yang mengklaim sebagai alat kesehatan dan dapat mengobati atau menyembuhkan berbagai penyakit.

Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse

Click to comment

Most Popular

To Top