Technical Workshop Agropolitan Cocoa Cluster Master Plan Development in Luwu Utara – Palopo Pos
Luwu Utara

Technical Workshop Agropolitan Cocoa Cluster Master Plan Development in Luwu Utara

MASAMBA— Dalam rangka meningkatkan Produktifitas Kakao di Kabupaten Luwu Utara , MCA Indonesia Berkerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Luwu Utara Menggelar Technical workshop agropolitan Cocoa cluster master plan development in Luwu utara.

Technical workshop agropolitan Cocoa cluster master plan development in Luwu utara dibuka secara resmi Sekretaris Daerah Luwu Utara Ir Abdul Mahfud Rabu 29 November 2017 di Aula Bappeda Lantai III Pemkab Luwu Utara.

Pada Kegiatan ini juga dihadiri, Direktur jendral (Dirjen) perkebunan Kementan RI yang di wakili oleh kepala bagian perencanaan Deden,Manager rainforest alliance Muh Subki hestiawan ,MCA-Indonesia yang di wakili oleh DRM MCA-Indonesia Amri Liwang, SKPD Terkait, Pemerintah Kecamatan dan pelaku Industri Kakao Chalodo Luwu Utara.

Sekretaris daerah kabupaten Luwu utara Ir Abdul Mahfud MM dalam sambutannya mengatakan Luwu utara akan siap meluaskan area untuk menjayakan produk perkebunan.

Karena itu Perlu adanya varian yang di fokuskan sehingga kejayaan perkebunan itu kembali., terang mahfud .

Masih Kata Mahfud Kegiatan Technical workshop penyusunan masterplan agropolitan kluster kakao merupakan program yang bersinergi dengan rencana Pemerintah kabupaten Luwu utara untuk mendorong peningkatan produksi kakao.

Untuk itu Setiap stekholder memiliki peran terkait untuk terus meningkatkan perannya dalam menggali dan meningkatkan potensi-potensi perkebunan khususnya kakao.

Sementara itu Direktur jendral perkebunan Kementan RI diwakili Kabag Perencanaan Deden mengatakan Perkebunan menjadi komoditi yang lama sehingga kita harus lebih mampu mengelolanya di banding para penjajah yang pernah ada sebab kita telah mendapatkan kemerdekaan kita sendiri.

Kita Berharap Perlu sinergitas Pemerintah pusat,kabupaten dan masyarakat untuk mengembalikan kejayaan perkebunan.

Tidak hanya Pemerintah yang harus konsen pada unsur perkebunan tapi masyarakat Pun juga di perlukan untuk membangun perkebunan lebih baik. (Jun)

Click to comment

Most Popular

To Top