Pugalu air Tergelincir dan Terbakar di Bandara Andi Jemma 14 Penumpang Selamat – Palopo Pos
Luwu Utara

Pugalu air Tergelincir dan Terbakar di Bandara Andi Jemma 14 Penumpang Selamat

*Pada Simulasi Penanggulangan Kebakaran

MASAMBA– Tim Penanggulangan Keadaan darurat Bandara andi Jemma Masamba berhasil memadamkan Kebakaran dengan waktu kurang lebih Lima Menit , atas Kecelakaan yang menimpa Pesawat Cesna Grand Caravan milik Perusahaan Pugalu Air.

Pugalu air yang terbang dari Seko tergelincir saat akan mendarat di bandara andi jemma Masamba, dan mengakibatkan Ban pecah serta Sayap patah sehingga terjadi kebakaran.

Hal ini terlihat pada Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat Bandara Andi Jemma Masamba, Kamis, 30 November Kemarin.

Kepala Otoritas Bandara Wikayah 5 Makassar, Agus Prianto mengatakan Salah satu tugas otoritas Bandara Wilayah 5 Makassar adalah melakukan pembinaan dan koordinasi terkait penanggulangan Keadaan darurat.

Selain itu Merupakan salah satu upaya pemenuhan salah satu kebutuhan dalam penanggulangan keadaan darurat, berdasarkan Amanat yang telah di atur dalam undang undang.

Sementara Bupati Luwu Utara Hj Indah Putri Indriani mengatakan
tentunya kita tidak pernah berharap untuk kecelakaan itu terjadi.

Namun perlu untuk mempersiapkan dan memperkecil resiko kecelakaan bila terjadi.

Tentunya melalui kegiatan ini dapat Menjadi tolak ukur dan cermin keberhasilan dalam rangka memperbaiki sistem penanggulangan keadaan darurat apabila dilakukan dengan sungguh sungguh sesuai dengan petunjuk yang tertuang dalam dokumen Airport Amergency Plan Bandar Udara Andi Jemma.

Sementara Rasidin Kepala Bandara Masamba mengataka
Simulasi ini Merupakan salah satu pelayanan dari sekian banyak pelayanan yang dilakukan oleh Bandar Udara Andi Djemma.

Selain itu Untuk menguji seluruh komponen yang dimiliki oleh pihak bandara, bukan hanya dalam penerbangan tetapi juga untuk memanimalisir Kemungkinan terjadinya keadaan darurat.

Pelatihan minimal dilakukan 1 x dalam dua tahun sesuai dengan amanat undang undang, dengan menyusun Airport Emergency Plan.

Dimana peserta simulasi,Unit penyelenggara Bandar Udara Andi Jemma Masamba, Polres,Dinas perhubungan,.PT.susi Air ,Airnav Masamba,.Ground Handlin,.Koramil Masamba,BMKG ANDI Djemma,BPBD Kab. Lutra , RSUD Andi Djemma ,Puskesmas Masamba, Polsek masamba, Satpol PP dan DAMKAR, PMI Luwu Utara. (jun)

Click to comment

Most Popular

To Top