Desa Maliwowo Layak Dibangun Bandara – Palopo Pos
Luwu Timur

Desa Maliwowo Layak Dibangun Bandara

*Hasil Eskpose Kementerian Perhubungan

MALILI — Wacana pembangunan Bandar Udara (Bandara) komersil di Kabupaten Luwu Timur kini semakin menguat. Hal itu diketahui, menyusul telah digelarnya eskpose yang dilakukan bersama pihak Kementerian Perhubungan, anggota DPRD dan eksekutif Lutim, baru baru ini.

Pembangunannya direncanakan di Desa Maliwowo, Kecamatan Angkona.
Kementerian Perhubungan yang menangani masalah bandara telah melakukan ekspose yang dihadiri oleh beberapa anggota DPRD bersama pemerintah daerah termasuk Dinas Perhubungan Lutim. Yang dilangsungkan di ruang ketua DPRD Lutim.

Dimana hasilnya mereka menyimpulkan bahwa di Desa Maliwowo paling layak untuk pembangunan bandara udara. Hal itu merujuk pada hasil sonding tanah dengan sistem pengeboran beberapa waktu lalu, demikian dikatakan Anggota DPRD Lutim, Najamuddin, Jumat 1 Desember 2017.

Menurut Naja, Desa Maliwowo sangat strategis untuk dibangun sebuah bandara, karena ada kemiripan dengan Bandara Internasional di Bali, yang dapat didarati dari berbagai arah. Untuk itu, pihaknya berharap rencana ini dapat didukung oleh semua pihak. Khususnya masyarakat setempat agar kedepannya Desa Maliwowo bisa menjadi sebuah kota dan menjadi destinasi wisata, terang Naja.

“Keberadaan Bandara, yang pastinya dapat mengangkat perekonomian warga sekitar. Selain itu juga dapat mengubah situasi dan kondisi desa menjadi lebih tertata. Dan yang paling penting harga tanah didaerah itu akan lebih baik,” ungkap Najamuddin.

Untuk diketahui, beberapa waktu lalu Kementerian Perhubungan Republik Indonesia telah berkunjung ke Luwu Timur, guna melakukan survei lokasi pembangunan Bandara di beberapa tempat. Seperti Desa Pasi-pasi, Desa Ussu dan Wewangriu Kecamatan Malili, serta di Wotu dan di Maliwowo Kecamatan Angkona. Namun dari beberapa tempat tersebut hanya di Desa Maliwowo yang diangkap layak.(akm/udy)

Click to comment

Most Popular

To Top