PPK Dibekali Ilmu Jurnalistik – Palopo Pos
Luwu

PPK Dibekali Ilmu Jurnalistik

* KPU Luwu Gelar Workshop Jurnalistik

BELOPA — Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang saat ini bertugas menyiapkan tahapan Pilkada Luwu dan Pilgub Sulsel 2018 mampu membangun sinergitas dengan insan pers sebagai salah satu pilar demokrasi. Untuk itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Rabu (29/11) kemarin menggelar Workshop Jurnalis dan Hupmas.

Ketua KPU Luwu, Abd Thayyib Wahid S.HI dalam sambutan pembukaan Workshop Jurnalis Hubungan Partisipasi Masyarakat (Hupmas), dihadapan 22 orang anggota PPK dan sejumlah insan pers, mengatakan, tujuan dari kegiatan ini untuk membangun sinergitas dengan media, karena media massa merupakan salah satu pilar yang akan membantu proses sosialisasi tahapan KPU secara massif ke masyarakat.

“Melalui kegiatan ini lebih mendekatkan teman media serta bertukar pengetahuan mengenai sistematika dalam pembuatan berita. Lewat media ini pula, kita harapkan anggota PPK mampu memberikan informasi seputar tahapan Pilkada Luwu yang akan diteruskan insan pers. Bahkan lebih jauh, kamiharapkan anggota PPK Luwu bisamembuat semacam realease berita yang nantinya akan di informasikan oleh wartawan pada medianya masing-masing,” ujar, Abdul Thayyib.

Dalam acara Wokrshop Jurnalistik Hupmas KPU Luwu ini tampul sebagai narasumber, wartawan Harian Palopo Pos Biro Belopa, Andrie Islamuddin yang membawakan materi Fungsi Media Dalam Pilkada Serentak 2018, Wartawan Berita Kota Makassar Biro Belopa, Irwan Musa, yang membawakan materi Humas dan Jurnalisitik, Ketua BKPRMI Luwu Muhammad Ashar Sabry yang membawakan materi Peran Media Sosial dalam Peningkatan Partisipasi Masyarakat, dengan moderator Chaeruddin wartawan Sindo Makassar Biro Luwu Raya.

Kegiatan ini dihadiri pula, anggota Komisioner KPU Luwu, Divisi SDM dan Parmas, Adly Aqhsa, Divisi Logistik, Istantia, Divisi Teknis dan Penyelengara Pemilu, Suhaeb, dan Divisi Data, Zulkifli, Ketua KNPI, Irwan Saputra Pajerih, serta Anggota PPK se Kabupaten Luwu.

Wartawan Harian Palopo Pos, Andrie Islamuddin dalam kesempatan tersebut mengatakan, anggota PPK dituntut mampu bersinergis dengan insan pers demi memaksimalkan proses sosialisasi tahapan Pilkada Luwu agar tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkada Luwu 2018 dan Pilgub Sulsel 2018 dapat dioptimalkan.

“Ada tujuh indikator kesuksesan Pemilu, salah satunya partisipasi seluruh pemangku kepentingan. PPK kami harapkan dapat bersinergi dengan insan pers untuk membantu massifnya sosialisasi tahapan Pilkada Luwu,” Kata Andrie Islamuddin.

Andrie Islamuddin menambahkan, bagi jajaran penyelenggara Pilkada Luwu dan semua pihak berharap Pilkada Luwu sukses terselenggara, dimana salah satu indikator tingginya partispasi aktif masyarakat, mengingat pesta demokrasi lima tahunan ini digelar dengan anggaran besar dan melibatkan ribuan penyelenggara adhoc
“Pilkada Luwu ini menggunakan hibah APBD 2018 sebesar Rp 53,878 Miliar, melibatkan 8.385 Jajaran KPU di luar staf, melibatkan 1.411 Jajaran Panwaslu, mlibatkan Linmas 1.950 Orang, melibatkan Ratusan TNI/ POLRI, menggunakan 925 TPS. Untuk itu marilah kita bekerjasama meningkatkan dengan menghadirkan partisipasi masyarakat, demi suksesnya Pilkada Luwu yang pada faktanya sangat besar anggaran APBD yang digunakan, ” Tandas Andrie Islamuddin.(and/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top