DKP Sosialisasi Sehari Tanpa Nasi – Palopo Pos
Luwu

DKP Sosialisasi Sehari Tanpa Nasi

BELOPA — Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Luwu menyelenggarakan sosialisasi sehari tanpa nasi. Kegiatan ini diikuti oleh masyarakat perwakilan dari sejumlah kecamatan di Kabupaten Luwu yang dilaksanakan di Belopa, Minggu 3 Desmber 2017, kemarin.

Acara ini dibuka oleh Bupati Luwu, Andi Mudzakkar yang dan dihadiri oleh Ketua PKK Kabupaten Luwu, Andi Tenri Karta Muzakkar, Sekda Luwu, Syaiful Alam dan sejumlah kepala SKPD. Acara ini untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya gizi dan memacu kreativitas masyarakat untuk menciptakan menu 3B-AM (Beragam, Bergizi, Berimbang,dan Aman ) tanpa nasi.

Bupati Luwu Andi Mudzakkar dalam sambutannya berharap agar kegiatan ini bisa berjalan mulai dari tingkatan desa, hal itu dilakukan dalam rangka mendorong semangat masyarakat desa untuk menggunakan bahan baku makanan selain beras.

“Harus dimulai dari tingkat desa, apalagi kedepannya anggarannya desa sangat besar. Jika ini dilakukan maka tentu masyarakat kita akan terbiasa untuk memasak selain dengan beras,” ujar Andi Mudzakkar dalam sambutannya.

Sementara itu, Kepala DKP Luwu, Ir. Bakhtiar Hamzah mengungkapkan, acara ini bertujuan untuk mendorong masyarakat mengangkat nilai-nilai sumber daya lokal berbasis non beras sehingga, dapat mendorong semangat bagi untuk senatiasa berupaya membangun di segala bidang pembangunan ketahanan pangan secara Komprehensif dan berkelanjutan khususnya penguatan ketahanan pangan di Kabupaten Luwu.

“Saat ini hampir mayoritas masyarakat kita kesulitan untuk mengkonsumsi pangan selain beras, disisi lain lahan produktif persawahan terus berkuaran akibat adanya alih fungsi lahan. Kita berharap kegiatan ini bisa menjadi motivasi bagi semua pihak untuk mengembangkan makanan alternarif selain beras,” ujarnya.

Acara tersebut sendiri diadakan dalam sosialisasi Cipta Menu Beragam ,Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Berbahan baku Non beras. Ketua tim penggerak PKK Luwu, HA Tenrikarta Muzakkar berharap dengan adanya acara tersebut diharapkan bisa mendorong dan meningkatkan kretifitas masyarakat pada umumnya dan Ibu rumah tangga khususnya dalam memilih, menentukan, menyusun, dan menciptakan menu B2SA berbasis sumber daya lokal dengan pangan sumber karbohidrat selain beras.

“Kegiatan ini sangat layak untuk diparesisi, makanan non beras akan meningkatkan kualitas hidup keluarga dan meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya gizi dan memacu kreativitas masyarakat untuk menciptakan menu 3B-A (Beragam, Bergizi, Berimbang,dan Aman). Dengan memanfaatkan potensi pangan yang ada di sekitar halaman rumah kita,” terangnya. (fan/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top