TDA Edukasi Mahasiswa untuk Berbisnis – Palopo Pos
Ekonomi

TDA Edukasi Mahasiswa untuk Berbisnis

PALOPO-– Salah satu komunitas wirausaha terbesar melakukan edukasi wirausaha terhadap puluhan mahasiswa. TDA yang merupakan akronim dari Tangan di Atas ini memberikan workshop kewirausahaan kepada mahasiswa untuk berani memulai dan mengembangkan usahanya.

“Banyak bibit-bibit wirausaha muda di Palopo khususnya kalangan mahasiswa, tidak begitu efektif karna tidak berani memulai. Nah ini yang kami edukasi kepada mereka sekaligus memberikan cara citu dalam memasarkan produk,” kata Faisal Usman, Kadiv Edukasi dan Peningkatan Kapasitas TDA Luwu Raya di sela-sela kegiatan workshop di Kedai Kopi Teras Agatis, Balandai Kota Palopo, Minggu 3 Desember 2017.

Ia melanjutkan, banyak juga yang menjalani usaha namun hanya beberapa bulan sudah tutup tidak mengetahui ‘tools’ untuk memasarkan produk mereka.
Faisal yang juga pengusaha laundri ini juga mengatakan pengusaha pemula selalu terbentur pada masalah modal. Ujung-ujungnya meminta kepada orang tua sebagai modal.

Padahal menurutnya banyak media yang bisa dipakai untuk melakukan penjualan produk secara murah. Seperti misalnya media sosial yang hanya bermodalkan paket data internet. Dengan modal itu sasaran mereka adalah pengguna media sosial dan tentunya bisa lebih hemat.

Sepanjang pelatihan TDA banyak mengulas mengenai cara memasarkan produk melalui media sosial seperti bagaimana memanfaatkan Fanpage facebook, melakukan perencanaan konten, beriteraksi dengan warganet hingga tolak ukur keberhasilan jualan mereka. “Seperti misalnya produk yang dijual itu harus mengetahui segmen apa, apabila sasarannya adalah anak muda maka harus di selaraskan juga,” ungkapnya.

‘Bisnis online’ dikatakan Faisal bukanlah barang baru lagi. Hal itu terlihat menjamurnya produk-produk yang dipasarkan melalui media sosial. Hanya saja tidak termanfaatkan dengan baik. “Nah peluang ini harus dimanfaatkan oleh kalangan mahasiswa untuk memulai usaha dan mengembangkan usaha mereka dengan melakukan pemasaran yang tepat,” tandasnya. (ald/ikh)

Click to comment

Most Popular

To Top