Kominfo Kembangkan Layanan e-Goverment – Palopo Pos
Luwu Timur

Kominfo Kembangkan Layanan e-Goverment

MALILI — Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Luwu Timur menggelar seminar Rencana Induk Teknologi Informasi dan Komunikasi (Ritik). Seminar ini bertujuan untuk pengembangan pelayanan berbasis e-Goverment yang bertempat di Aula Sasana Praja Kantor Bupati, Senin 4 Desember 2017.

Kepala Dinas Kominfo Luwu Timur, Andi Murphy mengatakan pengembangan teknlogi informasi dan komunikasi sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik sebagai jalan untuk mewujudkan Good Governance atau tata kelola pemerintahan yang baik.

Sejalan dengan kemajuan informasi dan teknologi saat ini, kata Murphy, maka pengembangan implementasi TIK dalam penyelenggaraan pemerintahan menjadi sebuah keharusan. Sebagaimana amanat Presiden RI yang telah diinstruksikan melalui Inpres Nomor 3 Tahun 2003 tentang rencana induk dan strategi nasional pengembangan e-Government.

Andi Murphy menjelaskan, pengembangan TIK juga sangat mendukung tindak lanjut rencana aksi komisi pemberantasan korupsi terintegrasi yang merekomendasikan untuk memperkuat Dinas Kominfo sebagai leading sector pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, serta memastikan ketersediaan SDM yang kompeten dalam mendukung penyelenggaraan TIK.

“Rencana Induk TIK secara umum ditunjukan untuk memberikan arahan yang nyata, terukur, realistis. selain itu penyusunan rencana induk TIK juga memberikan landasan berpikir, standardisasi, penahapan dan implementasi bagi pengembangan TIK yang komprehensif, efisien, efektif dan terpadu,” jelasnya.

Staf Ahli Ekonomi dan Keuangan Setda Luwu Timur, Askar mengatakan untuk mendukung TIK ini, pemerintah daerah telah menyusun peraturan bupati tentang rencana induk teknologi informasi dan komunikasi serta peraturan bupati tentang pedoman penyelenggaraan TIK dalam penyelenggaraan integrasi aplikasi e-Goverment di Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur.

“Saya berharap teknologi informasi dapat mendukung pengelolaan pemerintah yang lebih efesien sehingga dapat meningkatkan akuntabilitas pemerintah dalam berbagai sektor,” katanya.
Dalam seminar ini juga hadir narasumber dari Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BBPPKI) Makassar Kementerian Komunikasi dan Informatika. (krm/rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top