Palopo Optimis Raih Kembali WTP – Palopo Pos
Metro

Palopo Optimis Raih Kembali WTP

PALOPO — Sistem pengelolaan keuangan yang baik, dibuktikan nihilnya temuan indikasi korupsi, membuat Kota Palopo berpeluang besar mengukir prestasi tiga kali berturut-turut merebut opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di 2017.

Kepala Dinas Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Palopo, Hamzah Jalante, menjelaskan, Palopo kemungkinan besar menerima opini WTP di 2017, setelah dua tahun sebelumnya yakni 2015 dan 2016, berhasil meraih predikat bebas temuan BPK-RI.

“Kunci keberhasilan Palopo dalam dua tahun terakhir menyabet penghargaan WTP, berkat komitmen pimpinan, SDM yang profesional, dan sistem kinerja keuangan yang ketat, transparan, serta akuntabel,” papar Hamzah Jalante.

Terkait kedatangan Perwakilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Wilayah Sulawesi Selatan, Senin, 4 Desember 2017 lalu, Hamzah Jalante menyebut, kehadiran KPK yang dipimpin Dwi Aprillia Linda A, selaku koordinator perwakilan Sulsel, sebatas melakukan supervisi dan pencegahan korupsi di tingkat legislatif serta birokrasi Palopo.

“Sepengetahuan saya, misi KPK datang ke Palopo semata-mata melakukan pencegahan tindak pidana korupsi. Sebab prinsipnya, lebih baik mencegah daripada mengobati. Saya setuju dengan kalimat itu. Dalam pemaparan KPK kemarin, korupsi bisa terjadi melalui perencanaan anggaran, penggunaan/pelaksanaan anggaran, faktor SDM, dan lemahnya tingkat pengawasan,” paparnya.

Maraknya kasus-kasus korupsi yang terjadi di beberapa daerah terakhir ini, sambung Hamzah Jalante, diakibatkan rendahnya kreatifitas penyelenggara pemerintahan yang mengabaikan tujuan utama pembangunan nasional.

“Selama ini, kita terlalu banyak berkutat pada beberapa persoalan pelik seperti narkoba, korupsi, radikalisme, serta terorisme. Sehingga, sebagai bangsa yang cerdas dan diakui dunia, membuat garam pun kita terkadang lupa,” tandas Hamzah Jalante.(rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top