Penerima Rastra Daerah Bertambah 863 KK – Palopo Pos
Metro

Penerima Rastra Daerah Bertambah 863 KK

PALOPO — Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo akan melakukan penambahan kepada masyarakat untuk menerima beras sejahtera (Rastra) daerah gratis yang dibiayai APBD.
Di tahun 2018 Pemkot Palopo memastikan adanya penambahan jumlah masyarakat yang dapat menerima bantuan dari Pemkot Palopo melalui Rastra.

Kepala Dinas Sosial, Tahir mengatakan, penerima beras sejahtera di tahun 2018 akan bertambah. Dimana di tahun 2017 ini jumlah masyarakat yang menerima rastra sekitar 1.817 KK.

Oleh karena itu, sebut Tahir, Pemkot Palopo mengalokasikan tambahan pada APBD 2018 untuk menambah jumlah penerima rastra daerah tahun mendatang menjadi 2.500 KK. “Jadi ada tambahan sekitar 863 KK,” jelas Tahir kepada Palopo Pos, Selasa 5 Desember 2017.

Menurutnya, bertambahnya jumlah penerima rastra melalui kebijakan Pemkot Palopo yang memperluas cakupan sasaran penerima.

“Ini merupakan kebijakan Walikota Palopo untuk menambah kapasitas KK sebagai penerima rastra daerah,” jelasnya lagi.

Ia berharap rastra daerah yang diterima keluarga bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk membantu pemenuhan pangan sehari-hari dan tidak diperkenankan untuk dijual kembali kepada warga yang tidak berhak menerima manfaat.

“Rastra ini tidak boleh dikomersialkan, masyarakat harus betul-betul memanfaatkan bantuan tersebut,” tegasnya.

Untuk mencegah adanya kecurangan dalam pendistribusian Rastra di setiap titik distribusi, Dinsos menempatkan satu orang dari Dinas Sosial setiap kelurahan untuk melakukan pengawasan pendistribusian Rastra.

”Satu orang satu kelurahan. Karena ada 48 kelurahan, maka disiapkan 48 orang. Ini bertujuan agar penyaluran Rastra dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran,” tegasnya lagi.

Adapun Rastra yang akan disalurkan, kata Tahir, merupakan kualitas medium. Yang tentunya sangat layak dikonsumsi oleh warga.

”Untuk itu, berdasarkan perjanjian dengan Bulog, jika rastra yang diterima warga kurang baik atau tak layak maka bulog wajib mengganti dalam waktu 1x 24 jam,” tandasnya. (rul/rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top