24 Positif, 5 Tunggu Tes Urine – Palopo Pos
Kriminal

24 Positif, 5 Tunggu Tes Urine

* Operasi Bersinar Bongkar 10 Kasus Narkoba

PALOPO— Operasi Bersinar yang dilancarkan Polres Palopo terbilang sukses. Terbukti dari 10 kasus yang terungkap, 29 diantaranya berhasil diringkus dan resmi dijadikan tersangka. Selain itu, sejumlah barang bukti ikut disita.

Kasat Narkoba Polres Palopo, AKP Maulud mengatakan mayoritas para tersangka adalah pemakai dan kurir. Ada yang ditangkap di dalam rumah, jalan raya, dan bahkan di rumah kos. “Modus operandinya bermacam-macam ada barang bukti ditempel di suatu tempat, misalnya dibawah pohon atau gedung dan tertangkap tangan,” kata Kasat Narkoba, Rabu 6 Desember 2017 siang kemarin.

Diterangkannya, untuk profesi umur dan pendidikan, pengguna narkoba menyentuh kalangan swasta, mahasiswa, pelajar, dan penggangguran. Sementara golongan usia, pengguna di atas 30 tahun, remaja usia 20 hingga 29 tahun. Untuk pendidikan akhir mayoritas pelajar SMA dan mahasiswa. “Nah. ini bukti bahwa ancaman narkoba sangat berbahaya. Telah merusak generasi muda kita,” kata Maulud.

Untuk itu, polisi tidak akan berhenti menekan bahkan memberangus peredaran narkoba dengan melakukan penangkapan agar pelaku jerah menggunakan narkoba lagi. Menurut Kasat Narkoba, kebanyakan narkoba didatangkan dari luar Palopo, seperti Sidrap dan Makassar.

“Jaringannya dari luar masuk ke Kota Palopo. Saat pelaku ditangkap mereka menyebut mendapatkan narkoba dari luar setelah mentransfer sejumlah uang,” kata Maulud.

Sementara itu, lima tersangka yang belum turun hasil tes urinenya masing-masing Suluganda (23), Andikas Satria (19) keduanya warga Jl Kaswari, Wiryo (24), warga Jl Garuda, Radiam Wahyu (32), warga Jl Pelabuhan, Kecamatan Larompong, Kab Luwu, dan Yuliardi (37), warga Jl Garuda. “Yang lima orang ini urinenya sudah dikirim ke Labfor Polda Makassar, tinggal menunggu hasilnya positif atau negatif,” kata Kasat Narkoba.

Kelimanya ditangkap Senin 4 Desember 2017 lalu, sekira pukul 11.00 Wita, di salah satu rumah di Jl Garuda, Perumnas, Kelurahan Rampoang, Kecamatan Bara. Adapun barang buktinya berupa 1 sachet sabu, alat hisap sabu, 1 sendok sabu, pireks, tiga sachet kosong.

Sebelumnya juga tim Bersinar berhasil membekuk tiga orang terduga narkoba, Rabu 15 Nopember 2017 lalu. Masing-masing Tri Aprianto (27), warga Jl Kelapa, Kelurahan Lagaligo, Kec Wara Kota, Ilham Kurniawan (20), warga Jl Kedondong, Kelurahan Tammalebba, Kec Bara, dan AD (16), warga Jl DR Ratulangi, Kec Bara. (him/ikh)

Click to comment

Most Popular

To Top