Akhirnya, Jalan Lingkar Timur Tembus ke Pelabuhan – Palopo Pos
Metro

Akhirnya, Jalan Lingkar Timur Tembus ke Pelabuhan

PALOPO — Setelah sekian tahun dinanti, proyek jembatan jalan lingkar Kota Palopo akhirnya tembus ke pelabuhan tanjung ringgit. Tentunya, itu semua berkat upaya dan semangat yang telah dilakukan oleh pemerintah Kota Palopo dalam melakukan perubahan dibidang infrastruktur.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palopo, Antonius Dengen membenarkan jika proyek dua jembatan di jalan lingkar sudah bisa dilalui kendaraan namun belum dilakukan pengaspalan.

“Untuk saat ini sedang pengerasan. Semoga cepat selesai agar jalan tersebut dapat difungsikan sebagaimana mestinya,” katanya, Rabu 6 Desember 2017 siang kemarin.
Tembusnya jalan lingkar sudah lama dinantikan oleh masyarakat namun baru terealisasi di tahun 2017 ini.

“Selama ini akses menuju pelabuhan melalui jalan lingkar tidak bisa karena terkendala jembatan. Nah, setelah jembatannya dikerja, maka jalan yang sedang dalam pengerasan untuk diaspal sudah bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda sempat,” kata Antonius.

Seperti diketahui, khusus proyek jembatan jalan lingkar timur, Kota Palopo. Itu digarap PT Cipta Agar Utama dengan menyedot Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp4,9 Miliar lebih. Selain ada pelebaran jembatan, dana sebesar itu digunakan mengaspal jalan serta melakukan penimbunan jalan lingkar.

Awaluddin, selalu PPK proyek pembangunan dua jembatan tersebut pernah mengatakan bahwa jembatan jalan lingkar dikerjakan pada bulan Mei 2017 lalu dengan waktu pelaksanaan 180 hari kelender dan dipastikan kelar tahun ini.

Artinya di bulan Desember ini jembatan tersebut harus rampung 100 persen. Diketahui ada jembatan memiliki panjang 8 meter dengan lebar 15 meter, dan ada jembatan lebar 15 meter dan panjang sekitar 6 meter.(him/rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top