PT Vale Raih Sustainable Business Awards – Palopo Pos
Luwu Timur

PT Vale Raih Sustainable Business Awards

SOROWAKO — Perusahaan tambang nikel PT Vale Indonesia Tbk, mendapatkan penghargaan tertinggi di bidang Business Rebisnis. Yakni Sustainable Business Awards (SBA) untuk kategori business responsibility and ethics.

Penghargaan ini diberikan oleh Global Initiatives bersama Price waterhouse Coopers (PwC) dan IBCSD (Indonesia Business Council for Sustainable Development). Dan diserahkan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro di Grand Ballroom, Grand Hyatt, Jakarta, Senin 4 Desember 2017.

“Ini merupakan penghargaan tertinggi di bidang Business Rebisnis bagi perusahaan yang beroperasi di Indonesia oleh Sustainable Business Awards,” ujar Direktur Keuangan PT Vale, Febriany Eddy kepada Palopo Pos Rabu 6 Desember 2017.

Menurut Febriany, dalam meniru ucapan panel juri SBA Indonesia, bahwa PT Vale memenangi kategori Etika dan Tanggung Jawab Bisnis tersebut, atas kinerja perusahaan yang konsisten dan berkelanjutan dalam penegakan kebijakan anti korupsi berlandaskan kode etik dan perilaku yang diterapkan dalam perusahaan.

“Penghargaan yang diterima PT Vale ini bukan semata-mata untuk Perusahaan, tetapi juga untuk karyawan, pemerintah dan tokoh masyarakat yang mendukung,” jelas Febriany.

Lanjut Febriany, penerimaan penghargaan oleh PT Vale didapatkan berkat kepatuhan dan antusias manajemen dan karyawan PT Vale, termasuk rekanan yang bekerja dalam lingkup PT Vale, dalam menegakkan tata kelola perusahaan yang baik serta mengimplementasikan kode etik dan perilaku yang telah menjadi standar Perusahaan.

Penerapan Vale Whistleblower Channel (VWC) juga merupakan terobosan perusahaan untuk mengutamakan operasi yang bermartabat dan terbuka dengan melibatkan semua pemangku kepentingan melakukan pengawasan pada operasi perusahaan.

Selain itu, penghargaan untuk Bisnis Berkelanjutan (SBA) diberikan untuk menghargai upaya para pemimpin bisnis di Indonesia, menuju Climate Agreement-Paris yang membatasi pemanasan global, dan untuk mengetahui bisnis yang benar-benar menunjukkan kepemimpinan serta terbukti berkomitmen dalam praktik-praktik keberlanjutan.

Metodologi yang dilakukan SBA, sebutnya merupakan kombinasi dari fitur bench-marking dan proses pemberian penghargaan yang terbaik di dunia untuk mewujudkan strategi hijau dan manfaat usaha yang konsisten dengan praktik-praktik terbaik dunia.

Sekedar diketahui, pada Agustus 2016 lalu, PT Vale mendapat penghargaan untuk kategori Keberlanjutan di Bidang Masyarakat (Sustainability in the Community). Sementara pada tahun 2014 PT Vale mendapatkan penghargaan khusus kategori Perusahaan dengan Manajemen Energi yang baik, karena penggunaan sumber energi terbarukan dalam 90% operasinya.

Selanjutnya PT Vale mendapat penghargaan kategori Perusahaan Strategi dan Visi Terbaik 2013, serta Perusahaan dengan Manajemen Air Terbaik 2012. (akm/rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top