Waspada Difteri, Kemenkes Gerak Cepat dengan Lakukan ORI – Palopo Pos
Kesehatan

Waspada Difteri, Kemenkes Gerak Cepat dengan Lakukan ORI

Prev1 of 3
Use your ← → (arrow) keys to browse

JAKARTA — Kasus difteri kembali marak disejumlah daerah. Setidaknya ada 3 daerah di Indonesia yang mengalami kasus difteri cukup tinggi, yakni Provinsi Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Untuk itu, ketiga provinsi tersebut akan mulai melaksanakan ORI (Outbreak Response Immunization). Langkah ini dilakukan sebagai respon cepat terhadap berkembangnya kasus difteri.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Mohamad Subuh sepakat lakukan ORI dengan 3 kepala Dinas Kesehatan Provinsi, yakni Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat dimulai pada akhir tahun 2017 ini.

“Saya mengumpulkan tiga provinsi, Banten, DKI Jakarta, dan Jabar untuk melakukan respon cepat terhadap kejadian kasus difteri di Indonesia. Pada saat ini sudah ada 20 provinsi yang melaporkan kasus. Dari 20 provinsi itu bukan satu provinsi semuanya terkena difteri, tapi ada beberapa kabupaten/kota yang melaporkan KLB dan di sebagian Kabupaten/kota tersebut KLB sudah tertangani dengan baik,” kata Subuh usai konferensi pers di Jakarta, Rabu 6 Desember 2017.

Sebagai langkah awal, dipilihnya Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat mengingat potensi transmisi penyakit menular masih tinggi. Transmisi yang tinggi itu didorong oleh padatnya jumlah penduduk, jumlah dan tingginya mobilisasi di tiga provinsi tersebut.

Prev1 of 3
Use your ← → (arrow) keys to browse

Click to comment

Most Popular

To Top