‘Malaja Air’ Tergelincir dan Terbakar – Palopo Pos
Luwu

‘Malaja Air’ Tergelincir dan Terbakar

BUA — Pesawat ‘Malaja Air’ Selasa siang (19/12) kemarin mengalami gagal landing di landasan pacu Bandara Bua. Hal ini disebabkan pesawat tersebut mengalami mati mesin sebelah kanan. Akibatnya pesawat tersebut mendarat dan tergelincir di sisi bagian sisi kanan landasan pacu Bandara Bua dan terbakar.

Kronologis kejadian, sekira pukul 02.30 WITA kemarin cuaca Bandara Bua yang cukup normal dengan jrak pandang 8 KM dan arah angin kecepatan 9 knot. Pilot pesawat ‘Malaja Air’ melaporka ke tower Bandara Bua mengalami mati mesin sebelah kanan dan harus mendarat. Dengan kekuatan hanya satu mesin yang hidup, membuat pesawat ‘Malaja Air’ mendarat tidak stabil dan akhirnya tergelincir disisi kanan Bandara Bua.

Begitu mendarat dengan tidak sempurna, pesawat ‘Malaja Air’ akhirnya terbakar danmembuat kepanikan penumpang didalamnya. Begitu menerima kabar buruk tersebut seluruh satuan dari jajaran Bandara Bua, termasuk pemadam kebakaran dan mobil rescue menuju lokasi kejadian pesawat ‘Malaja Air’ yang sudahterbakar di sisi kanannya.

Kepala Bandara Bua Ir H Syarifuddin juga secara sigap memberikan informasi kecelakan tersebut kepada pihak Pemadam Kebakaran Kabupaten Luwu dan Kota Palopo yang langsung meluncur ke Bandara Bua. Berkat kesigapan semua pihak, pesawat ‘Malaja Air’ yang terbakar mampu dipadamkan sebelum meledak, dan penumpang berhasil diselamatkan oleh tim medis meskipun ada yang dalam kondisi luka parah.

Demikian kronologis simulasi Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) yang dilaksanakan Satker Bandara Bua Selasa (19/12) kemarin. Kegiatan ini disaksikan langsung Sekda Luwu H Syaiful Alam, dan perwakilan Pemkot Palopo serta FKPD Palopo dan Kabupaten Luwu didampingi langsung Kepala Bandara Bua Ir H Syarifuddin. (and/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top