Kapolres Pegang Komando – Palopo Pos
Kriminal

Kapolres Pegang Komando

* Pengamanan Pilkada Serentak 2018

PALOPO— Salah satu penyebab membesarnya rusuh Pilwalkot Palopo 2013 lalu karena tidak adanya komando yang jelas mengenai tindakan yang harus dilakukan aparat di lapangan. Pada pemilihan Gubernur/Walikota 2018 mendatang, pemegang komando pengamanan adalah Kapolres.

Hal itu ditegaskan Kapolres Palopo, AKBP Taswin SIK MH yang diamini Dandim 1403 Sawerigading Dandim 1403 Sawerigading Letkol Inf Cecep Tendi Sutandi yang ditemui usai simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di pelataran Islamic Centre Palopo, Kamis, 28 Desember 2017 kemarin. ”Kapolres pemegang komando. Diback up Dandim,” terangnya.

Pada Pilkada 2018 mendatang, sebanyak 718 personil Polri/TNI diterjunkan untuk mengamankan seluruh tahapan Pilkada. Mulai dari pendaftaran bakal calon Walikota sampai penetapan calon terpilih.

Personil tersebut terdiri anggota Polres Palopo 306 orang, anggota Dit Shabara Polda Sulsel 125 orang, Brimbo 125 orang. Jumlah anggota Polri 556 personil. Juga ada anggota TNI sebanyak 162 personil yang terdiri POM 4 orang, Kodim 1403 sebanyak 80 orang, Kompi 721 sebanyak 78 orang. Tahap pendaftaran pasangan calondijaga 153 personil, tahap pemeriksaan kesehatan 16 personil, tahap penetapan calon 153 personil, masa kampanye 223 personil, masa tenang dan pembersihan alat peraga 153 personil, tahap pemungutan dan penghitungan suara di TPS 306 personil.

Dan tahap rekapitulasi suara serta penetapan calon terpilih, personil gabungan turun full dengan kekuatan 800 personil yang terdiri anggota Polri, TNI, Brimob, Yonif 721, Satpol-PP, Dishub, KPU, tim medis Pemkot, serta Public Safety Center 119.

Sebelumnya dilansir bahwa Polres juga akan memasang CCTV pada seluruh jalur/tempat vital dan strategi yang servernya ditempatkan di Polres Palopo. Melalui CCTV, seluruh potensi gangguan keamanan akan terpantau sehingga sekecil apapun kejadian, bisa dideteksi sejak dini.

Objek vital yang dijaga secara melekat oleh TNI yakni KPU, Panwaslu, Kantor Walikota, Kantor DPRD, PLN, PDAM, Damkar, Telkom, SPBU/SPBE 9 unit, Bank 12 unit, Kantor Camat 9 titik, Media cetak, pusat pertokoan, dan Pusat Niaga Palopo. (ikh)

Click to comment

Most Popular

To Top