Jangan Takut Berobat – Palopo Pos
FEMALE

Jangan Takut Berobat

* Otkafiani Manda, SKM, Penanggungjawab Pengelolaan Faskel Rujukan BPJS Palopo

KESEHATAN adalah hal penting bagi seluruh individu. Tanpa kesehatan, maka seseorang sulit untuk melakukan berbagai hal, visi dan misi dalam hidup termasuk pekerjaan sebagai pemenuhan kebutuhan hidup.

Female kita minggi ini tidak jauh dari dunia kesehatan. Dia adalah Oktafiani Manda, SKM. Ia merupakan penanggungjawab pengelolaan fasilitas kesehatan (Faskel) rujukan BPJS Kesehatan Cabang Palopo yang membawahi empat kabupaten di Luwu Raya dan sekitarnya.

Ditemui di ruang kerjanya usai menyelesaikan pekerjaan kantor, Jumat 29 Desember 2017, kemarin, ia mengungkapkan, bekerja sebagai bagian dari BPJS Kesehatan merupakan kesyukuran sendiri. Pasalanya, kata dia, merupakan hal yang mulia. Ada ratusan ribu masyarakat yang harus dilayani dalam hal ini jaminan sosial kesejahteraan kesehatan.

“Untuk bidang saya sendiri bagaimana mengkordinasikan antar faskel yang satu dengan yang lainnya, termasuk masyarakat yang harus dirujuk ke rumah sakit. Nah, itu bagian kami, jika ada masalah, itu kerja-kerja kami, bagaimana memaksimalkan peserta BPJS mendapat perawatan dan pengobatan secara maksimal,” terang alumni STIK Tamalatea Makassar tahun 2006.

Oktafiani anak dari pasangan Agustinus Manda’ dan Agustina Lalo’. Ia alumni SDN 6 Kendari tahun 1995, SMPN 12 Kendari tahun 1998, SMAN 4 Kendari tahun 2001. Kemudian STIK Tamalatea Makassar tahun 2006.

Oktafiani ibu dari dua anak hasil perkawinannya dengan
Agustinus Kiring, S.Kom. Anak pertamanya bernama Axel xaferio Kiring (6 tahun) dan Kenzo (2 tahun).

Ditanya harapan di tahun 2018 ini, dikatakannya, dirinya berharap fasilitas kesehatan gratis yang diterapkan oleh Pemerintah Kota Palopo dan diikuti oleh pemerintah Kabupaten Luwu Timur, Luwu Utara, dan Luwu bekerjasama dengan BPJS Kesehatan bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat yang ada di Luwu Raya.

“Kita berharap masyarakat dari Larompong hingga Soroako tidak lagi takut untuk berobat karena mahalnya pengobatan. Semuanya sudah ditanggung pemerintah,” sebutnya.
Karena sesungguhnya lagi-lagi kesehatan itu mahal harganya. Jika sudah ada gejala sebaiknya memeriksakan diri, jangan sampai sudah keras baru malah memeriksakan diri. Apalagi jika sudah ditanggung pembiayaannya oleh pemerintah. (ich/ary)

BIODATA

Nama Lengkap                       : Oktafiani Manda’, SKM

Pendidikan                             :- SDN 6 Kendari tahun 1995

– SMPN 12 Kendari tahun 1998

– SMAN 4 Kendari tahun 2001

– STIK Tamalatea Makassar tahun 2006

 

Pekerjaann                             : Penanggung Jawab Pengelolaan Faskel Rujukan BPJS Palopo

Orang Tua                               : – Agustinus Manda’ (Ayah)

– Agustina Lalo’ (Ibu)

Suami                                     : Agustinus Kiring, S.KOm

Anak                                        : – Axel xaferio Kiring (6 tahun)

– Kenzo (2 tahun)

Click to comment

Most Popular

To Top