Bulog Palopo Operasi Pasar – Palopo Pos
Ekonomi

Bulog Palopo Operasi Pasar

* Tekan Kenaikan Harga Beras Medium di Pasaran

PALOPO— Guna menekan kenaikan harga pangan khususnya beras medium yang terjadi di beberapa pasar yang ada di Kota Palopo. Perum Bolug Sub Divre (Divisi Regional) Palopo lakukan launching OP-CBP (Operasi Pasar Cadangan Beras Pemerintah), yang dimulai serentak di seluruh Indonesia, Selasa, 9 Januari 2018.

Launching ini merupakan instruksi langsung dari Menteri Perdagangan yang dilakukan secara serempak di seluruh gudang Bulog Indonesia.

Wakil Kepala Bulog Sub Divre Palopo, Hastuti Handayani mengatakan bahwa launching ini dilakukan untuk menekan harga beras di pasar, dimana sejak bulan Desember 2017 lalu mulai ada kenaikan.

“Launching OP-CBP dilakukan agar beras medium yang ada di pasaran dengan Harga Eceran Tertinggi (HET), yang nantinya para pedagang tidak boleh menjual beras kualitas medium melebihi harga tersebut,” katanya kepada Palopo Pos, Rabu, 10 Januari 2018.

Diharapkan OP BCP ini bisa menekan harga besar di pasar turun sehingga tidak mempengaruhi laju inflasi. Saat ini harga beras medium yang dijual para pedagang mencapai harga Rp10 ribu perkilo dan itu sudah di atas HET.

Hastuti juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilakukan dengan berkoordinasi bersama Dinas Perdagangan Kota Palopo dan juga Satgas Pangan. “Pihak pemerintah daerah kami panggil untuk berkoordinasi agar membantu kami dalam penyaluran beras di pasar. Juga membantu memantau harga beras kususnya medium hingga kembali normal,” ujarnya.

Pihak Bulog Sub Divre Palopo memberikan harga jual kepada masyarakat sebesar Rp9 ribu per kg. Para pedagang beras yang berada di PNP ditawarkan Bulog beras medium untuk dibeli. “Kami jual beras medium ke pedagang di pasar sentral. Lalu kami tentukan harga yang harus dijualkan yaitu Rp9 ribu dan tidak boleh lebih,” terang Hastuti.

Dikatakan Hastuti, sementara ini sudah ada 4 kios di PNP yang mengambil beras medium di Bulog. Tiap kios dibagikan sebanyak 500 kilogram, jadi sudah ada 2 ton beras sementara ini yang disalurkan. Pedagang yang sudah menjual beras medium dari bulog diberi tanda sapanduk didepan kiosnya.

“Sampai hari ini (kemarin,red) kami sudah ada beberapa pesanan lagi dari pedagang di PNP. Besok (hari ini) akan disalurkan kepada pedagang,” paparnya.

Rencananya, Bulog Sub Divre Palopo bersama Dinas Perdagangan dan Satgas Pangan, juga akan ke Pasar Andi Tadda dan rumah Pangan untuk menawarkan beras medium. “Kami sudah survei di Andi Tadda dan Rumah Pangan. Besok (hari ini) rencana kami juga akan salurkan,” tandasnya. (udy/ikh)

Click to comment

Most Popular

To Top