Disnaker Seleksi Calon Pencaker – Palopo Pos
Metro

Disnaker Seleksi Calon Pencaker

PALOPO — Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo di tahun 2018 ini mulai melakukan perekrutan kepada masyarakat calon pencari kerja untuk menjalankan program siapa mau bekerja apa.
Pemkot Palopo melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) akan menyeleksi setiap peserta untuk mengikuti pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja (BLK).

Kepala Disnaker Palopo, Kodrat Rippi mengatakan sejumlah masyarakat diberikan pelatihan berbagai keterampilan dalam mengikuti pelatihan kerja tersebut. Adapun, keterampilan seperti tata boga, service handphone, service komputer, mengemudi serta menjahit oleh para tenaga profesional.

“Intinya, di BLK, kegiatan untuk membentuk masyarakat berusia produktif agar mampu mandiri, dan berdaya saing dengan memiliki berbagai keterampilan sesuai yang diamanatkan oleh Pak Wali Kota Palopo,” jelas Kodrat kepada Palopo Pos, Rabu 10 Januari 2018.

Dimana, sebutnya, sebanyak dua ribu masyarakat yang tergolong pencari kerja. Dari jumlah tersebut pihaknya akan melaksanakan pelatihan kegiatan keterampilan yang berbasis kompetensi.
“Sebelum ikut dalam pelatihan ini terlebih dahulu akan diseleksi berdasarkan bidang yang mereka minati,” katanya.

Menurutnya, pihaknya menyediakan sekitar 10 paket bidang kerja. Setiap paket kegiatan pelatihan akan diikuti 20 warga pencari kerja yang berusia 18 tahun hingga 35 tahun. Sehingga jumlah keseluruhan yang mengikuti pelatihan keterampilan terbilang tinggi.

“Dengan dilaksanakan pelatihan keterampilan kerja ini, akan mengurangi angka pengangguran di Palopo, karena warga berusia produktif telah memiliki keterampilan untuk bersaing didunia usaha,” harapnya.

Ia mengakui dengan mengikuti pelatihan keterampilan kerja di BLK banyak manfaatnya, jika kita dengan tekun dan serius mengikutinya.

“Tentu para peserta turut mempersiapkan mentalnya. Mereka akan dibekali dengan berbagai pengetahuan terkait bidang yang mereka minati,” tandasnya.(rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top