BKM-WN Mendaftar di KPU Luwu – Palopo Pos
Politik

BKM-WN Mendaftar di KPU Luwu

BELOPA — Menjelang penutupan masa pendaftaran bakal pasangan calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati Luwu 2018 Rabu (10/1) tengah malam, di Sekretariat KPU Luwu. Bakal paslon Buhari Kahar Mudzakkar dan Wahyu Napeng (BKM-WN) ikut melakukan pendaftaran Paslon Bupati-Wakil Bupati Luwu.

Bakal Paslon BKM-WN tiba di Sekretariat KPU Luwu pada Rabu malam sekira pukul 22:30 WITA dengan menggunakan pakaian adat bugis berwarna biru bersama ratusan pendukungnya. “Sejak awal kami yakin akan mendaftarkan diri pasangan bapak Buhari Kahar Mudzakkar dan Bapak Wahyu Napeng. Dan inilah pembuktiannya. Keduanya hadir di KPU Luwu untuk mendaftarkan diri,” ujar jubirnya Irwan Said Rabu malam lalu

Mendaftar di KPU Luwu, bakal Paslon BKM-WN menyatakan Parpol usungan mereka lengkap, yakni Partai Amanat Nasional (PAN) yang memiliki 4 kursi, dan Partai Hanura yang mengontrol 3 kursi diparlemen. Raihan tujuh kursi ini memenuhi syarat pencalonan untuk mendaftar sebagai Paslon Bupati-Wakil Bupati Luwu sesuai PKPU nomor 3 Tahun 2017.

Dari pantauan Harian Palopo Pos, kendati bakal Paslon ini mendaftar pada Rabu tengah malam menjelang akhir penutupan pendaftaran, namun berkas pencalonan bakal Paslon tersebut bermasalah dan membuat KPU Luwu belum menyatakan resmi menerima berkas pendaftaran mereka hingga berakhirnya masa pendaftaran bakal Paslon. Bahkan hingga Kamis pagi (11/1) bakal Paslon BKM-WN tidak menerima berkas TT.1-KWK beserta lampirannya dan surat pengantar pemeriksaan kesehatan bakal Paslon.

Alotnya pendaftaran bakal Paslon BKM-WN Rabu malam hingga Kamis dini hari lantaran adanya dukungan ganda terhadap Parpol mereka yang beririsan dengan bakal Paslon lainyang lebih dahulu mendaftar. Partai Hanura misalny, pihak BKM-WN mengklaim Partai tersebut, namun bakal Paslon Basmin Mattayang dan Syukur Bijak yang mendaftar lebih dahulu dan sudah diterima KPU Luwu mengklaim pula Hanura.

Demikian pula dengan dukungan PAN yang diklaim BKM-WN, ternyata partai berlambang matahari terbit tersebut ternyata lebih daulhu diklaim bakal Paslon Patahuddindan Emmy Tallesang yang lebih dahulu berkas persyaratan pencalonan dan sudah dinyatakan diterima KPU Luwu.

Hingga berita ini diturunkan, Ketua KPU Luwu Abdul Thayyib Wahid belum memberikan komentarnya. Namun demikian dijadwalkan akan dilaksanakan rapat untuk membahas hal tersebut. “Kami masih memproses berkas bakal Paslon dari Bapak Buhari Kahar Mudzakkar dan Bapak Wahyu Napeng. Kami masih menunggu arahan dari KPU RI terkait masalah ini,” Tandas Abdul Thayyib Wahid. (and/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top