Indah Launching Ruang Baca Mandiri – Palopo Pos
Luwu Utara

Indah Launching Ruang Baca Mandiri

-Dekatkan Buku ke Masyarakat

MASAMBA — Terobosan demi terobosan terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara. Kali ini dilakukan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Persipda). Salah satu terobosan yang dilakukan, mendekatkan perpustakaan ke masyarakat.

“Apa yang kita lakukan hari ini sejalan dengan paradigma baru pelayanan perpustakaan, yaitu perpustakaan bukan untuk dikunjungi tetapi mengunjungi,” ujar Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat melaunching Ruang Baca Mandiri (RBM) sekaligus menyerahkan satu Mobil Perpustakaan Keliling (MPK), Rabu 10 Januari 2018 di Pasar Sentral Masamba.

Bupati Indah mengatakan, dengan adanya Ruang Baca Mandiri diharapkan masyarakat mampu menumbuhkembangkan budaya gemar membaca dan meningkatkan literasi masyarakat itu sendiri.
“Pemerintah daerah sangat peduli dengan kebutuhan masyarakat akan pentingnya ilmu dan informasi dalam rangka meningkatkan kualitas diri. Untuk itu, jadikan momentum ini sebagai wahana pengembangan kualitas diri guna mewujudkan masyarakat yang gemar membaca,” terangnya.

Indah menambahkan, rendahnya minat baca masyarakat yang menjadi isu sentral yang saat ini mengemuka berdasarkan hasil survei secara nasional, adalah salah satu alasan kenapa mendekatkan buku kepada masyarakat itu menjadi penting.

“Kenapa kegiatan ini harus kita lakukan, selain karena ingin meningkatkan kualitas, juga sekaligus menjawab isu sentral perpustakaan bahwa minat baca masyarakat kita masih sangat rendah,” jelas Indah.

“Nah, dengan adanya Ruang Baca Mandiri ini, kita masyarakat bisa memanfaatkan dengan baik seluruh fasilitas yang ada,” harap Indah.

Sebelumnya, Kepala Persipda Maharuddin, mengatakan, tujuan dilaksanakannya RBM di pasar sentral Masamba adalah memasyarakatkan minat dan kebiasaan membaca guna mendorong terwujudnya masyarakat pembelajar.

Selain itu, kata Maharuddin, dengan adanya RBM diharapkan mampu meningkatkan kecintaan terhadap karya anak bangsa melalui berbagai bacaan dalam rangka membangun karakter kecerdasan dan inovasi masyarakat. “Inti dari semua kegiatan yang kita lakukan hari ini adalah bagaimana kita mengimplementasikan paradigma baru, yaitu mengunjungi bukan dikunjungi,” pungkasnya.

Fasilitas yang ada di RBM adalah buku sebanyak 800 eksemplar dengan 400 judul yang dilengkapi Kartu Katalog beserta daftar bukunya. Sementara perlengkapan multi media terdiri dari TV LED 32 inci, genset, laptop 14 inci, modem, proyektor dan layar proyektor, masing-masing berjumlah satu unit.

Kegiatan Launching RBM ini juga dihadiri Sekkab Abdul Mahfud dan seluruh Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta para pengunjung dan pedagang pasar sentral Masamba. (jun/rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top