Lurah Pontap Kunjungi Posyandu Tuna – Palopo Pos
Metro

Lurah Pontap Kunjungi Posyandu Tuna

PALOPO — Lurah Pontap, Anjar Lestari melakukan kunjungan ke Posyandu Tuna, Jumat 12 Januari 2018. Lurah cantik ini tampak berbaur bersama masyarakat dan sekaligus bersilaturahmi bersama para kader Posyandu yang sedang bertugas serta masyarakat setempat.

“Saya ingin fasilitas posyandu dapat ditingkatkan dan ada pemberian makanan tambahan kepada balita,” tuturnya

Dalam kunjungannya, Anjar mengimbau agar sosialisasi tetap dilakukan di masyarakat agar warga tertarik serta membawa balitanya datang ke Posyandu.

Anjar menjelaskan, tujuan Posyandu sangat mulia yakni fokus melayani ibu dan anak serta mensejahterakan kesehatan masyarakat dengan program dan pelayanan terpadu. Selain itu, menurunkan angka kematian ibu dan anak, Meningkatkan pelayanan kesehatan anak dan ibu demi mencengahnya kematian anak dan ibu, Mewujudkan keluarga kecil sehat sejahtera, dan meningkatkan rasa peduli masyarakat akan pentingnya kesehatan.

”Untuk itu, jangan ragu membawa balita ke Posyandu, juga para ibu hamil untuk memeriksa kehamilannya. Karena semua pemeriksaan kesehatan itu gratis tak dipungut biaya,” jelas Anjar.

Selain itu, sebutnya, keberadaan Posyandu sendiri salah satunya adalah untuk mendukung perbaikan gizi dan kesehatan balita. Di Posyandu inilah orang tua akan mendapatkan pendidikan dan pengetahuan tentang gizi dan kesehatan balita serta makanan-makanan yang baik untuk mendukung pertumbuhan balita.

Selain perbaikan dan pendidikan gizi, Posyandu juga memberikan pelayanan untuk memantau tumbuh kembang balita. Layanan tersebut diantaranya berupa penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, serta memeriksa kesehatan balita.

”Imunisasi diberikan secara berkala sejak bayi lahir dan memasuki usia anak-anak. Nah, di Posyandu inilah balita akan mendapatkan pelayanan imunisasi tersebut. Pemberian vaksin dalam imunisasi ini sangat penting untuk mendukung kesehatan balita Anda. Melalui imunisasi tersebut, balita akan memiliki kekebalan tubuh terhadap penyakit tertentu,” ungkapnya lagi.

Selain itu semuanya, Posyandu biasanya juga memberikan layanan informasi keluarga berencana. Pendidikan KB ini sangat penting untuk menekan angka kematian ibu dan anak.
”Jadi, jangan ragu lagi untuk ke Posyandu ya,” tandasnya. (rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top