* Tudang Ade Diwarnai Prosesi Adat – Palopo Pos
Utama

* Tudang Ade Diwarnai Prosesi Adat

Air Suci dari Lapenai Diarak ke Istana Kedatuan

PALOPO — Tudang Ade atau kegiatan Mattemmu Taung akan digelar mulai tanggal 18 Januari 2018 hingga 20 Januari 2018. Kegiatan tersebut akan diisi berbagai prosesi adat. Salah satu yang paling sakral nanti dan dipastikan bisa menyedot perhatian masyarakat adalah diaraknya air suci dari Lapenai menuju istana.

Selain prosesi ini, ada juga prosesi adat mallekke waw , kirab budaya kedatuan Luwu , prosesi adat mattoana, mattemmu lahoja. Dan terakhir adalah manre saperra di Baruga Datok Pattimang Kecamatan Malangke Luwu Utara.

”Ada juga seminar budaya Luwu , pentas seni tradisional Luwu , dan Puncak Peringatan Hari Jadi Perlawanan Rakyat Luwu ke-72 di Masamba,” ujar Datu Luwu Andi Maradang Mackulau Opu To Bau, SH, kepada Palopo Pos, Jumat, kemarin.

Di seminar budaya, lanjut Sekretaris Dewan Adat 12 Kedatuan Luwu, yang juga Koordinator Divisi Seminar Kepanitiaan Mattemmu Taung Kedatuan Luwu, Sharma Hadeyang, akan menghadirkan narasumber Prof Dr Andi Ima Kesuma (Guru Besar Sejarah UNM), Anthon Andi Pangerang (Budayawan), Andi Abdullah Sanad Kaddiraja (Opu Jemma Tongeng Kedatuan Luwu), Asmin Amin (Pemerhati Budaya), dan Andi Oddang Tosessungriu (Opu Macoa Cenrana Kedatuan Luwu).

Selain itu, untuk Kirab Budaya, sebutnya, akan diikuti Pasukan Kirab Kedatuan Luwu. Antarlain Pangngaru, Pasukan Pembawa Sulolangi, Pembawa Bessi Banranga, Pembawa Bessi Manrawe, Pembawa Bendera Ana’ TelluE, Pasukan Bate’-Bate’ TelluE, Bendera TelluE, Pasukan BainE, Pakkaliawo, Pembawa Bessi Pakka, Pembawa Lellung atau Tenda Kebesaran Datu Luwu, Pallawaga Raga, dan Pasukan Panglima Perang Opu Cenning Luwu  ”Selain itu juga akan diikuti Makole Baebunta bersama para Ina-Ina Lili’nya, Madika Bua bersama para Ina Lili’nya, Madika Ponrang bersama para Ina Lili’nya, Arungnga bersama para perangkat adatnya, Makole Matano bersama perangkat adatnya
, Puang Sangngalla bersama para perangkat Adatnya, Madika Nonongan bersama perangkat adatnya
, serta perwakilan 12 suku dalam wilayah adat Kedatuan Luwu.

Ia menjelaskan, Kirab Budaya Kedatuan Luwu ini akan digelar pada 18 Januari 2018 yang mengambil rute start dari Lapangan Pancasila menuju ke Istana Kedatuan Luwu dengan mengarak air suci yang telah di lekke dari sumber mata air Lapenai Kolaka Sulawesi Tenggara. Dimana merupakan bagian dari Kedatuan Luwu.

Kegiatan ini akan disaksikan langsung Datu Luwu XL, H Andi Maradang Mackulau bersama para Raja dan Sultan Nusantara serta raja-raja Sulawesi Selatan. Juga para anggota dewan adat 12 Kedatuan Luwu, Bupati Luwu, Bupati Luwu Utara, Wali Kota Palopo, Bupati Luwu Timur serta para Muspida se Tana Luwu.(rhm/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top