Didik Anak Usia Dini – Palopo Pos
FEMALE

Didik Anak Usia Dini

* Nurliah D Batara, Ketua HIMPAUDI Tana Toraja

ORANG TUA berperan memberikan bimbingan serta arahan yang tepat agar anak menjadi manusia yang baik dan berakhlak mulia. Sebagaimana yang diinginkan kelak saat mereka telah dewasa. Nah, female kita minggu ini memberikan tips sukses cara mendidik anak yang baik hingga menjadi generasi emas.

Dia adalah Nurliah Datuan Batara. Nurliah adalah istri dari Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara. Di tengah kesibukannya mendampingi sang suami, ibu tiga anak ini dipercaya jadi ketua himpunan pendidikan anak usia dini (HIMPAUDI) Tana Toraja.

Nurliah lahir di Bone 3 Juli 1967. Ia lulusan S1 UMI dengan jenjang pendidikan Sarjana Ekonomi. Ia anak dari pasangan H Panggeleng dan Hj Tuneng. Dari hasil perkawinannya dengan wabup Tana Toraja dikaruniai tiga orang anak. Angela Vitania Batara, Angelica Dewi Putri Batara, dan Angelina Aurelia Batara.

Ia memilih jadi ketua HIMPAUDI Tana Toraja bukan tanpa alasan. Perempuan yang hobi olahraga dan membaca ini ingin memberikan yang terbaik untuk pendidikan anak usia dini di Kabupaten Tana Toraja. Ia paham dan tahu betul, anak ini akan tumbuh jadi generasi mudah. Mereka inilah penerus cita-cita menggantikan orang tuanya. Membawa Toraja lebih unggul dan sejahtera di masa yang akan datang.

”Di tangan anak inilah, Tana Toraja diharapkan maju. Tentu ini harapan kita semua,” ujar Nurliah, kepada Palopo Pos, Jumat 2 Februari 2018, kemarin.

Untuk itu, lanjutnya, ia mencoba memberikan tips sukses cara mendidik anak yang baik. Seberapa besar tingkat kesuksesan dari metode yang diterapkan tentu tergantung dari seberapa efektif masing-masing orang tua dalam memberikan kontribusi kepada anak-anaknya.

Kata dia, usia 0 tahun merupakan masa-masa yang kritis bagi perkembangan otak sang anak. Pada tahap inilah, lanjutnya, anak mengalami masa-masa keemasan dimana perkembangan otaknya terjadi dengan cepat dan pesat. Pada masa ini bahkan otak anak memiliki kemampuan untuk menyerap pengalaman-pengalaman baru lebih cepat dari anak yang berusia 3 tahun. Olehnya itu, jangan sampai salah dalam mendidik maupun memberikan contoh-contoh bagi putra-putri,” katanya.

Pada dasarnya orang tua menginginkan masa depan putra-putrinya menjadi generasi emas yang patut dibanggakan. Mereka berharap agar putra-putrinya menjadi orang yang sukses berguna bagi nusa dan bangsa.

Mereka sungguh memerlukan lingkungan subur yang sengaja diciptakan untuk itu, yang memungkinkan karakter mereka berkembang dengan baik dan lebih optimal.

Lia — panggian akrab — istri wakil bupati Tana Toraja ingin berbuat yang terbaik untuk pendidikan anak usia dini di Kabupaten Tana Toraja.

Untuk menuju ke sana, urai Lia, dapat dimulai sejak masa bayi. Bayi yang memperoleh berbagai rangsang mental dalam bentuk pengalaman yang kaya, juga cenderung akan memiliki perkembangan jiwa yang sehat, pengalaman tersebut dapat berupa sentuhan yang hangat, dekapan, belaian, senandung lagu-lagu yang merdu atau dongeng-dongeng indah yang dibacakan ibu dalam suasana kasih sayang yang hangat.

“Bayi-bayi yang memperoleh sentuhan emosional demikian akan tumbuh sehat dan cerdas di kemudian hari,” paparnya.

Suasana yang penuh kasih sayang pada usia balita mau menerima anak sebagaimana adanya, menghargai potensi anak, memberi rangsang-rangsang yang kaya untuk segala aspek perkembangan anak, baik secara kognitif, afektif maupun psikomotorik. Semua sungguh merupakan jawaban bagi yumbuhnya generasi unggul danberkarakter di masa depan. (cr3/ary)

 

BIODATA

NAMA                                      -Nurliah D Batara,SE

Jabatan                                   -Ketua HIMPAUDI Tan Toraja

Tempat Tgl/Lahir                    -Bone 3 Juli 1967

Pendidikan                             -Sarjana ekonomi S1

Hobi                                         -Olah raga dan baca

Nama Suami                           -Victor Datuan Batara

Jabatan Suami                         -Wabup Tana Toraja

Nama Anak                             -Angela Vitania Batara

-Angelica Dewi Putri Batara

-Angelina Aurelia Batara

Nama Orang Tua Ayah          -H.Panggeleng

Ibu                                           -Hj Tuneng

Click to comment

Most Popular

To Top