Sepakbola Juga Lolos Porda – Palopo Pos
Olahraga

Sepakbola Juga Lolos Porda

PALOPO— Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Palopo melansir 16 cabang olahraga (cabor) dengan jumlah atlit 164 orang dari Kota Palopo lolos Porda Sulsel XVI 2018 di Pinrang. Rupanya, cabor sepakbola belum tercantum dalam rilis tersebut.

Wakil Ketua Asosiasi Kota (Askot) PSSI Palopo, Gibion Lomo kepada Palopo Pos, Selasa, 6 Februari 2018 kemarin, mengatakan, bahwa cabor sepakbola Palopo juga lolos Porda Sulsel. Itu berdasarkan surat Asosiasi Provinsi PSSI Sulsel nomor 006/ASPROV-PSSI-Sulsel/I/2018 tertanggal 11 Januari 2018 yang ditandatangani Ketua Umum Asprov PSSI Sulsel H Andi Erwin Hatta Sulolipu dan sekretaris umumnya, M Nur Zakaria Leo.

Dalam surat itu disebutkan bahwa ada 12 kab/kota yang dinyatakan lolos Porda Sulsel cabor sepakbola yakni Kota Makassar, Selayar, Wajo, Barru, Luwu Utara, Enrekang, Takalar, Bantaeng, Maros, Toraja Utara, Pinrang, dan Kota Palopo.

Karena itu, Askot PSSI yang dinyatakan lolos Porda agar segera mengirimkan daftar nama pemian dan official paling lambat akhir Februari 2018. Dan nama-nama yang sudah dimasukkan tidak bisa diganti lagi.

”Adapun kuota pemain setiap daerah yakni offcial 7 orang, dan pemain 18 orang,” jelas Gibion.
Sebagaimana dilansir Palopo Pos Juli 2017 lalu, sepakbola Palopo lolos Porda setelah berhasil jadi runner up Pra Porda Rayon VI Enrekang. Juara rayon adalah tuan rumah Enrekang dengan point 9, Palopo runner up 6 point, Sidrap peringkat tiga dengan 3 poin, lalu Tana Toraja urutan empat dengan poin nihil. Pada laga terakhir, Palopo mengalahkan Tator dengan skor 6-0. Selama laga, Palopo menang dua kali dan satu kali kalah.

Kadispora Palopo, Nuryadin SH MH MSi saat dikonfirmasi, mengatakan, sebenarnya memang cabor sepakbola Palopo juga lolos Porda. Hanya saja, dalam daftar nama-nama atlit dan cabor yang lolos Porda dari KONI Sulsel, belum mencantumkan sepakbola karena belum ada laporan resmi dari Asprov PSSI Sulsel ke KONI Sulsel.

”Jadi daftar yang dirilis kemarin, masih bersifat sementara. Masih akan ada daftar tetap yang akan dikirimkan kemudian,” terangnya. (ikh)

Click to comment

Most Popular

To Top