76 Istri Mau Menjanda, 21 Suami Ingin Duda – Palopo Pos
Kriminal

76 Istri Mau Menjanda, 21 Suami Ingin Duda

ilustrasi

* Januari, PA Palopo Putus 38 Perkara Cerai

PALOPO— Sebanyak 76 wanita berstatus istri ternyata mau menjanda. Yang ingin menduda sebanyak 21 orang. Totalnya 97 orang yang telah mengajukan permohonan cerai di Pengadilan Negeri Agama (PA) Kota Palopo selama bulan Januari 2018.

”Yang ajukan cerai gugat 76 kasus. Cerai talak 21 kasus. Itu yang mengajukan permohonan. Sementara cerai gugat yang putus 29 kasus, cerai talak 9 kasus,” jelas Ketua Pengadilan Agama Palopo, Drs H Asri MH melalui Panitera PA Palopo, Drs Muh Tahir SH yang ditemui Palopo Pos, Kamis, 8 Februari 2018 kemarin.

Dibandingkan bulan Januari tahun 2017 lalu kasus cerai gugat yang diterima sebanyak 57 dan cerai talak 31. Sementara untuk cerai gugat yang sudah putus tahun lalu sebanyak 23 kasus dan cerai talak 21 kasus.

“Memang perkara cerai saat ini marak sekali dengan berbagai penyebabnya. Saya sudah tidak heran dengan kondisi ini namum saya merasa prihatin dengan tingkat terceraian yang semakin tinggi tiap tahunnya,” ujar mantan Panitera PA Sengkang tersebut.

Menurutnya, faktor penyebab perceraian baik itu dari pihak istri ataupun suami ada beragam masalah. Namun di era saat ini yang sudah maju masalah istri gugat cerai suami karena didominasi faktor perselisihan. Seperti kurangnya perhatian suami kepada istri karena ada wanita lain.

Ada juga karena faktor ekonomi dimana suami tidak menafkahi istrinya lagi. Akibatnya sang istri merasa kecewa dan mengajukan cerai. Sementara itu, pihak suami yang ajukan cerai talak kepada istri rata-rata karena istri sudah tidak perhatian lagi kepada suami.

“Kadang alasan suami atau laki-laki ceraikan istrinya karena istri berlaku kasar kepada suami walaupun juga suami ada yang bersikap sama seperti itu,” terangnya. (udy/ikh)

Click to comment

Most Popular

To Top