KPU Tator Uji Publik Penataan Dapil – Palopo Pos
Toraja

KPU Tator Uji Publik Penataan Dapil

MAKALE — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tana Toraja mengadakan uji publik penataan daerah pemilihan anggota DPRD Kabupaten Tana Toraja, di Hotel Puri Arthta Kamis, 8 Februari 2018. Bersama partai politik yang lolos verifikasi untuk mengikuti pemilihan legislatif tahun 2019 mendatang.

Ada beberap opsi daerah pemilihan yang diusulkan oleh beberapa pengurus partai untuk disetujui. Agar tidak masuk kedapil lain pada saat pemilihan, dan ini sudah diusulkan antara 5 dan 6 dapil.
Terkait hal tersebut Ketua KPU Tana Toraja Rizal Randa kepada Palopo Pos usai rapat pembahasan penataan daerah pemilihan mengatakan bahwa namanya opsi kita tawarkan ke KPU Pusat. Nanti KPU Pusat yang menentukan, karena memang di undang-undang seperti itu. Kita hanya meminta pendapat masyarakat kemudian diteruskan ke pusat.

“Soal daerah pemilihan (dapil) ada tiga dapil dan ada tiga simulasi dapil yang memang hasil dari dua kali rapat koordinasi dengan stake holder. Serta bersama masyarakat, partai, tokoh masyarakat dan LSM. Hasil ini yang kami rangkum dalam tiga opsi dapil ini,” kata Rizal.

Lanjutnya, memang perkembangannya ada sebagian yang menginginkan perubahan dapil dari tahun 2014 lalu. Karena terjadi perubahan jumlah penduduk saat ini. Dimana dapil tiga tahun 2014 lalu itu yang awalnya empat kursi, setelah Kementerian Dalam Negeri mengeluarkan daftar agregat kependudukan. Ternyata penduduknya berkurang dan inilah yang menjadikan hanya tiga kursi, paparnya.

“Partai yang datang dalam kegiatan ini untuk mewakili partainya masing-masing. Karena memang bersentuhan langsung soal dapil nantinya yang akan mendudukkan kader-kadernya pada proses pencalegkan,” kata Rizal.

Diketahui, ada 12 partai termasuk tiga partai baru yang memenuhi syarat dalam proses verifikasi kemarin. Ada 9 partai lama dan ada 3 partai baru.

Dikatakan Rizal, inti dari kegiatan adalah bagian dari uji publik terhadap penataan dapil di Tana Toraja. Terkait penataan dapil ada tiga tahapan, pertama rapat koordinasi meminta tanggapan masyarakat, kemudian dilakukan lagi rapat koordinasi dengan masyarakat terkait masukan-masukan soal dapil dan alokasi kursi. Ketiga ini adalah uji publik terhadap hasil rapat koordinasi yang dilakukan kemarin itu.

Total daftar pemilih tetap (DPT) di Tana Toraja sebanyak 183.214 jiwa dengan jumlah kursi di DPRD tetap 30 kursi, tutup Rizal. (cr3/udy)

Click to comment

Most Popular

To Top