Waspada Penyelewengan Rastra, Dinsos Torut Perketat Pengawasan – Palopo Pos
Toraja

Waspada Penyelewengan Rastra, Dinsos Torut Perketat Pengawasan

TORAJA UTARA — Upaya Pemerintah Kabupaten Toraja Utara dalam penyaluran beras sejahtera (rastra) diharapkan tepat sasaran kepada warga yang benar-benar membutuhkan. Sehingga tidak terjadi penyelewengan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, Dinas Sosial Kabupaten Toraja Utara diberikan tanggung jawab penuh untuk melakukan penyaluran rastra hingga sampai ditangan masyarakat yang membutuhkan.
Kepala Dinas Sosial Torut, Elizabeth R Zakaria, berharap kepada kepala lembang/desa agar menyalurkan rastra dengan baik, ungkapnya saat ditemui wartawan Palopo Pos, diruang kerjanya, Kamis (8/2/2018).

Elisabeth menjelaskan, program pemerintah pusat melalui pemerintah kabupaten/kota dalah hal ini khususnya di Pemkab Toraja Utara, rastra yang diberikan kepada warga kurang mampu itu diberikan secara gratis. “Jika tidak mendapat pengawasan ketat, rastra bisa saja salah sasaran,” ucap Elizabeth.
Begitupun soal jatah rastra bagi warga yang kurang mampu setelah adanya perbaikan ekonomi.

Mereka tidak mungkin secara terus menerus menerima rastra. “Walaupun awalnya rastra itu tercatat nama mereka, namun setelah adanya perbaikan ekonomi atau sudah dianggap mampu. Tidak menutup kemungkinan jatah warga tersebut dialihkan kepada warga yang lebih layak mendapatkannya,” jelasnya.

Lebih jauh dikatakannya bahwa ini menjadi perhatian bersama pentingnya melakukan pengawasan dalam penyaluran rastra. Niat pemerintah pusat memberikan perhatian lebih bagi warga kurang mampu itu patut mendapat apresiasi. Akan tetapi, jika pengawasan kurang terpadu dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat yang ada.Tidak menutup kemungkinan rastra dapat saja diselewengkan.

“Saya sebagai leading sektornya bertanggung jawab penuh soal rastra dan berharap kepada warga ikut serta membentuk pengawasan melekat (waskat). Jika menemukan adanya penyimpangan rastra, jangan segan-segan menghubungi Dinas Sosial atau Kepolisian agar ditindaki,” tutup Elizabeth. (rp1/udy)

Click to comment

Most Popular

To Top