Abdul Hafid Cek Normalisasi Sungai Keppe – Palopo Pos
Luwu

Abdul Hafid Cek Normalisasi Sungai Keppe

BELOPA — Anggota DPRD Provinsi Sulsel dari Fraksi PPP, Abdul Hafid Pasiangan SE MM, melakukan peninjauan kesejumlah lokasi pembangunan diwilayah Kabupaten Luwu. Hal tersebut dilakukan usai menghadiri peringatan HUT Kota Belopa ke-12 yang dihadiri Gubernur Sulsel Syahrul Y Limpo.

Peninjauan lokasi, merupakan bagian monitoring dan evaluasi terhadap sejumlah pembangunan infrastruktur di Kabupaten Luwu dengan sumber anggaran dari Provinsi Sulsel.

Lokasi pertama yang ditinjau adalah pemasangan talud bronjong kawat disepanjang aliran Sungai Keppe, Desa Rantebelu, Kecamatan Larompong, Sabtu 10 Februari 2018.

Dari hasil peninjauannya, Abdul Hafid yang didampingi Kepala Desa Keppe, Yusmar SE menemukan masih perlunya pemasangan bronjong disejumlah sisi sungai. Hal tersebut untuk menghindari adanya abrasi jika sewaktu-waktu air banjir datang.

“Sungai Keppe ini sering banjir. Jadi perlu ada pemasangan bronjong lebih banyak lagi agar bibir sungai tidak longsong,” kata Hafid yang juga Ketua Umum KKBS.

Selain meninjau pemasangan bronjong dibibir sungai, Abdul Hafid juga melihat pembangunan Jembatan Sungai Keppe yang beberapa waktu lalu hanyut diterjang banjir bandang.

Dari hasil peninjauannya, didapati, jika lobang gorong-gorong jembatan sangat kecil bagi aliran air sungai yang deras, dan terdapat dua tiang peyangga jembatan yang membuat sampah dari hulu terendap.

Kondisi tersebut, kata Hafid, akan sangat membahayakan jembatan itu sendiri. Sebab, banyaknya sampah yang menumpuk dibawah jembatan yang menghambat aliran air terus kelaut.

“Harusnya tidak perlu ada tiang jembatan. Kalau sudah begini jadi tempat sampah dan potongan kayu mengendap. Jadi tersumbat aliran air. Sampah menumpuk penyebab banjir,” kata Hafid sambil menunjuk kearah tumpukan sampah dibawah jembatan.

Hasil dari monitoring evaluasi (monev) ini, lanjut Hafid akan dibawanya ke Makassar untuk dilaporkan kepada Pengprov Sulsel dalam hal ini instansi terkait.(idr)

Click to comment

Most Popular

To Top