Dinas PUPR Kembali Bangun 6 Irigasi – Palopo Pos
Metro

Dinas PUPR Kembali Bangun 6 Irigasi

PALOPO — Untuk mengoptimalkan sistem pengairan masyarakat, Pemkot Palopo melalui Dinas PUPR di 2018 ini, membangun enam Daerah Irigasi (DI). Tiga diantaranya telah berjalan, dan selebihnya masih menunggu proses tender.

Kepala Bidang (Kabid) PSDA Dinas PUPR Palopo, Ramli ST menjelaskan enam paket irigasi tersebut, dibangun bersumber dari APBN 2018. Lokasinya, tutur Ramli, tersebar di beberapa titik strategis dalam wilayah kota.

Pembangunan saluran sekunder DI yang berjalan, yakni irigasi Mawa ditangani PT Mangun Karsa selaku rekanan pelaksana, dengan anggaran sebesar Rp11.569.700.000.

Untuk pembangunan saluran irigasi sekunder DI Murante, dikerjakan PT Devi Farhana Mandiri, total anggaran pembangunannya Rp3.000.000.000. Sementara, pembangunan saluran irigasi sekunder DI Padang Lambe, ditangani PT Star Mitra Sulawesi, dengan anggaran Rp5.122.500.000.

“Tiga paket irigasi sekunder, masing-masing DI Mawa, DI Murante, dan DI Padang Lambe, telah melalui proses lelang,” beber Ramli kepada Palopo Pos, Minggu 11 Februari 2018.

Sedang tiga paket saluran irigasi sekunder lainnya, antara lain DI Sumarambu, DI Tomarundung 1, dan DI Tomarundung 2, tengah dalam pelaksanaan lelang/tender.

Sebelumnya, Bendung Suplesi Sendana Daerah Irigasi Mawa yang berada di Kelurahan Mawa Kecamatan Sendana diresmikan Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, MH, Rabu 7 Februari 2018 lalu.

Wali Kota dalam sambutannya berharap agar Irigasi Mawa yang diresmikannya ini dapat memenuhi kebutuhan air sawah bagi petani yang ada di Kecamatan Sendana Kota Palopo.

Sementara itu, Petugas Operasional Daerah Irigasi Mawa, Mustafa membeberkan DI Mawa tersebut mengairi sawah di tujuh kelurahan yakni Kelurahan Mawa, Sendana, Purangi, Songka, Takkalala, Binturu dan Pajalesang.

Dimana rinciannya yakni di Mawa mengairi 65 hektar sawah, Senddana 154 hektar sawah, Purangi 65 hektar sawah, Songka 89 hektar sawah, Takkalala 46 hektar sawah, Binturu 20 hektar sawah, Pajalesang 107 hektar sawah. Dengan jumlah keseluruhan sawah yang dialiri 546 hektar sawah.

”Untuk bendungan ada lima di aliran irigasi Mawa, yakni di Mawa ada empat bendungan dan Sendana 1 bendungan,” sebut Mustafa.

Sedangkan untuk bangunannya, di Mawa ada 14 bangunan, Sendana 9 bangunan, Songka 1 bangunan, Takkalala 2 bangunan, dan Pajalesang 2 bangunan, jumlah keseluruhan 28 bangunan.

”Jumlah pintu airnya, di Mawa 23 pintu air, Sendana 19 pintu air, Songka 1 pintu air, Takkalala 4 pintu air, Binturu 1 pintu air, Pajalesang 2 pintu air, jumlah keseluruhan 50 pintu air,” bebernya.

Untuk diketahui, di Kecamatan Sendana aada 23 Kelompok Tani (Poktan) Sawah. Dimana rinciannya di Kelurahan Mawa ada dua poktan, Sendana 6 Poktan, Purangi 3 poktan, Songka 3 Poktan, Takkalala 2 Poktan, Binturu 1 Poktan, dan Pajalesang ada 6 Poktan,” tandasnya. (rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top