Ditempel Dua Calon Pjs Walikota – Palopo Pos
Utama

Ditempel Dua Calon Pjs Walikota

* SYL di HUT Belopa

BELOPA — Siapa pjs walikota Palopo akan ketahuan dekat ini. Kabarnya tinggal hitung hari. Rencananya, “01” di lingkup Pemkot Palopo akan dilantik 14 Februari. Sebelum jauh ke sini, ada baiknya melihat kegiatan Syahrul Yasin Limpo, gubernur Sulsel. Sang komandan di HUT Belopa, rupanya ditempel dua calon pjs Palopo.

Siapa mereka? Yang terpantau wartawan koran ini dari tiga nama yang diusul ke mendagri adalah Musaffar Syah dan Samsu Rizal Syam. Keduanya hadir bersama SYL di acara HUT Belopa ke-12. Usai acara makan siang, Musafar Syah terlihat satu meja dengan gubernur Sulsel.

Di situ, ada datu Luwu Andi Maradang Mackulau Opu To Bau, pejabat dari DPRD dan lainnya. Sedangkan Samsu Rizal di meja yang jaraknya tidak jauh dari SYL. Mata SYL sesekali melirik Samsu Rizal. Kemudian Musaffar yang memang sudah satu meja.
Samsu Rizal terlihat sibuk bersalaman dengan sejumlah koleganya. Sepintas terdengar kalimat siap pak wali dari kolega yang datang berjabat tangan.

Musaffar Syah terlihat bercengkrama dengan datu Luwu. Sesekali Musaffar Syah menganggukkan kepala ke bawah.
Kehadiran mereka mendampingi SYL langsung mengundang perhatian. Itu karena dua nama ini disebut-sebut berpeluang diturunkan SYL jadi pjs walikota Palopo.

Ada juga nama Gazaling Andi Ilham yang akrab disapa Andi Ille, pengalamannya sudah cukup. Andi Ille ini pernah jadi penjabat bupati Lutra lalu. Hanya saja, Andi Ille tidak terlantau di acara ini.

“Bisa jadi inimi jadi pjs. Apakah Andi Musaffar atau Samsu Rizal,” celutuk salah seorang pejabat daerah yang masih mengenakan jasnya, kepada Palopo Pos.
Kedua orang ini dikenal cukup dekat dengan gubernur SYL. “Andi Ille juga dekat dengan Pak Gub.

Cuman tidak adaki datang di,” seloroh pejabat satu ini sambil menyantap manisannya.
Di Pemprov Sulsel, keduanya menduduki posisi cukup strategis. Samsu Rizal, kepala biro organisasi. Musaffar adalah kadis kebudayaan dan pariwisata.
Suasana cukup cair.

Musaffar dan Samsu Risal seolah menangkap tatapan para undangan yang ada di sekitarnya. Mereka hanya membalas sambil tersenyum.
Musaffar tak mau komentar soal ini. Ia menyerahkan sepenuhnya kepada atasannya.

Karena yang dipilih, pasti merupakan orang pilihan. Maksudnya dianggap punya kapasitas untuk mengisi pjs pasca Judas ikut kembali mencalonkan diri di pilwalkot Palopo.

Cerita singkat juga mengalir dari Samsu Rizal. Saat di enzyme Cafe, Sabtu, malam, mantan sekkot Palopo tak komentar banyak. Ketika ditanya peluangnya jadi pjs walikota Palopo, ia cukup santai menjawab. “Doakan saja,” ujarnya sambil duduk santai menikmati live musik.

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo yang dicegat Palopo Pos di sela-sela peringatan HUT Belopa ke-12, Sabtu, lalu, belum mau membeberkan nama yang akan menjabat sebagai pjs walikota selama 4 bulan ke depan. Politisi Partai Golkar ini irit bicara tentang hal tersebut.

“Tunggu dek, masih ada tambahan nama yang mau dimasukkan,” ujarnya sambil berlalu menaiki mobil Toyota Fortuner warna coklat metalik bernopol DD1.

Sebelum cuti walikota Palopo HM Judas Amir berlaku 12 Februari 2018, nama pjs sudah harus ada dan mengontrol jalannya roda pemerintahan di Palopo.

KPU Palopo kembali mengingatkan cuti walikota dan wakil walikota sebelum penetapan pasangan calon tanggal 12 Februari 2018. Setelah tanggal tersebut, tentunya penjabat sementara Kota Idaman ini harus ada.(idr/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top