Fadriaty Monev Di Luwu – Palopo Pos
Luwu

Fadriaty Monev Di Luwu

BELOPA — Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan Fadriati AS yang akrab di sapa Enceng, melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) proyek infrastruktur, berupa peningkatan dan rehabilitasi jaringan sekunder daerah irigasi (DI) Laranduk di Desa Murante dan Kecamatan Suli dan di Desa Buntu Barana Kecamatan Suli Barat

“Pembangunan dan rehab jaringan sekunder DI Laranduk ini dianggarkan tahun 2017 melaluiAPBD Propinsi Sulsel. Kita mau lihat dari dekat sejauh mana asasmanfaat bangunan jaringan irigasi sekunder ini terhadap masyarakat, ” kata Fadriati, Ahad 11 Februari 2018 di Murante.

Legislator Sulsel ini menilai peningkatan dan rehab Irigasi Laranduk ini sangat dibutuhkan petani di Kabupaten Luwu mengingat, besarnya asas manfaat untuk masyarakat di kecamatan Suli dan Suli Barat

“Masyarakat di dua kecamatan ini memiliki areal sawah cukup luas. Salah satu keluhan untuk meningkatkan produksi gabah, yakni menyangkut kekurangan sumber air. Nah jaringan sekunder DI Laranduk ini kita rehab dan kita bangun untuk membantu ketersediaan air petani,” tambah Fadriati.

Juru Pengairan PSDA Luwu, Syahrir, mengatakan, peningkatan sistem pengairan sawah ini secara langsung meningkatkan hasil produksi para petani di dua Kecamatan tersebut, dan pada sisi yang lain menanggulangi genangan air yang kerap terjadi di Desa Buntu Barana. Dengan semakin membaiknya jaringan irigasi, masa tanam bisa ditingkatkan, dari 2 kali dalam setahun, bisa menjadi 5 kali dalam dua tahun.

“Pembangunan dan rehabilitasi jaringan sekunder ini memberi dampak meningkatkan produksi gabah petani. Biasanya setiap panen petani hanyamampu meraih 4 ton saja, dengan perbaikan jaringan irigasi DI Laranduk ini mampu meningkatkan produksi gabah petani menjadi 6 hingga 7 ton perhektar,” tandas Syahrir.

Usai meninjau irigasi, Legislator Partai Demokrat Sulsel ini juga meninjau gedung praktek Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMKN 6 Luwu di Kecamatan Suli. Didampingi Kepala SMKN 6 Luwu Sulaiman sapu, anggota DPRD Sulsel Komisi E, yang membidangi Pendidikan, ini berharap ruang praktek tersebut dapat meningkatkan praktek para siswa di SMKN 6 Luwu.

“Semoga dibangunnya gedung praktek ini bisa dimanfaat dengan baik oleh siswa di SMKN 6 Luwu. Saya harap juga agar segera memasukan permohonon untuk alat-alat penunjang yang nantinya akan di gunakan dalam ruang prkatek ini,” kata, Enceng, sapaan Akrab, Fadriaty AS. (and/idr)

Click to comment

Most Popular

To Top