Lupa Sedang Masak Air, Dua Rumah Ludes Terbakar – Palopo Pos
Luwu Utara

Lupa Sedang Masak Air, Dua Rumah Ludes Terbakar

MALANGKE BARAT — Akibat lupa kalau sedang memasak air, dua rumah di Desa Arusu Kecamatan Malangke Barat hangus terbakar dilalap si jago merah, Jumat, 9 Februari 2018 sekitar pukul 23.00 Wita.

Mendengar adanya rumah warga kebakaran, Kapolres Luwu Utara, AKBP Boy FS Samola, Kapolsek Malangke AKP Sosang, Camat Malangke Barat, Sulpiadi serta Kepala Desa (Kades) Arusu Gunawan langsung meninjau lokasi kebakaran.

Kapolsek Malangke, AKP Sasong mengatakan, penyebab kebakaran dua unit rumah warga di Dusun Lettekang, Desa Arusu, Kecamatan Malangke Barat. Yakni disebabkan api dari kompor gas.

Dimana pada saat memasak air dan akhirnya dia lupa kalau dia sedang memasak air, sehingga panci tempat masak air bocor diduga akibat api kompor gas dan api pun semakin menjalar melalap bahan yang mudah terbakar.

Masih kata Kapolsek, rumah warga yang terbakar yakni Ijema (45) dimana rumah kayu atap seng ukuran dan rumah milik H Beddu (57).

Kapolsek Malangke menjelaskan, kronologis kejadian pada saat itu ibu Ijema sedang tidur di dalam kamar, tiba-tiba merasa kepanasan sehingga terbangun dan melihat api mulai merembet dari ruangan dapur, maka korban keluar dari rumah. Api kemudian membesar dengan cepat membakar habis rumah tersebut dan kemudian merembet dan membakar habis rumah H Beddu yang terletak 7 meter di sampingnya.

Menurut keterangan warga, di rumah Ijema berjualan bensin dan tabung gas sehingga diperkirakan mempercepat membesarnya kobaran api. Sedangkan rumah H Beddu merupakan pondok kebun yang dihuni oleh pekerja kebunnya Wawan (31).

Masih kata Sasong, api dapat dipadamkan seluruhnya setelah personil Pemadam Kebakaran (Damkar) sebanyak 3 unit tiba di lokasi.

Tidak terdapat korban jiwa akibat peristiwa tersebut sedangkan kerugian material diperkirakan mencapai Rp100 Juta.

Sementara itu, anggota DPRD, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Ketua Bhayangkari menyerahkan bantuan sehari setelah kebakaran. Ketua Bhayangkari Cabang Luwu Utara, Hana Boy FS Samola gelar aksi sosial sekaligus memberikan bantuan sembako.

Juga Camat Malangke Barat, Sulpiadi saat mendapatkan informasi kebakaran di Dusun Lettekkang Desa Arusu Kecamatan Malangke Barat sekira pukul 11.30 Wita langsung bergerak cepat mendatangi lokasi kejadian.

Bersama Kades Arusu dan Polsek setempat dibantu Pemadam Kebakaran dan masyarakat langsung melakukan pemadaman, meski pada akhirnya dua rumah tidak terselamatkan.

“Meski dua rumah tidak dapat diselamatkan, tapi setidaknya dalam kejadian tersebut kita masih bisa bersyukur karena tidak ada korban jiwa,” ungkap Sulpiadi.

Di sela peristiwa kebakaran Camat Sulpiadi langsung menyambangi korban kebakaran, sekaligus memberikan support dan keprihatinan yang dialami dua pemilik rumah yang rumahnya habis dilalap si jago merah, yakni H. Beddu dan Ijema. Beddu merupakan petani dan Ijemma janda beranak satu.
“Sabar ki pak, bu, saya selaku pemerintah kecamatan menyampaikan keprihatinan dan ikut berduka cita atas kejadian yang menimpa ta. Insya Allah, di balik kantong peristiwa pasti ada hikma yang tersimpan di dalamnya,” jelas Sulpiadi mencoba menguatkan Beddu dan Ijemma.

Setelah kejadian, Camat Malbar Sulpiadi bersama Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Alauddin Sukri, Anggota DPRD Amir Luwu Utara Amir Machmud dan Kapolsek Malangke Barat langsung memberikan bantuan kepada Beddu dan Ijemma, dua korban kebakaran di Desa Arusu.

“Semoga bantuan ini bisa sedikit mengurangi beban pak Beddu dan ibu Ijemma,” pungkasnya.(jun/rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top