Plenonya Tertutup, Paslon Lolos Diumumkan di Media Massa – Palopo Pos
Utama

Plenonya Tertutup, Paslon Lolos Diumumkan di Media Massa

* Hari Ini Penetapan, KPU Masih Menilai Seluruh Dokumen Balon

PALOPO — Sudah pendaftaran bakal pasangan calon, KPU Palopo kini masuk penetapan pasangan calon, Senin 12 Februari 2018, hari ini. Sebelum penetapan pasangan calon, KPU melakukan pleno intern.

Plenonya digelar tertutup. Sedangkan bakal paslon yang lolos akan disampaikan dalam jumpa pers dan diumumkan di media massa.

Pleno KPU rencananya digelar pukul 13:00 Wita. Lokasinya masih di media center kantor KPU Palopo.
Mekanismenya memang tertutup. Hanya dihadiri seluruh komisioner. Seluruh komisioner KPU Palopo terdiri dari Haedar Djidar (ketua), Samsul Alam, Faisal Mustafa, Faisal, dan Amran Anas.

Apa saja yang mau dibahas? Samsul Alam, devisi teknis penyelenggaraan pilkada, mengatakan,
di pleno tersebut, seluruh komisioner akan memeriksa seluruh dokumen bakal pasangan calon, baik balon walikota, maupun balon wakil. ”Terkait dokumen syarat pencalonan tidak lagi diperiksa karena pada saat pendaftaran dokumen pencalonan wajib ada dan sah,” ujar Samsul Alam, kepada Palopo Pos, di Enzyme Cafe, Sabtu, malam.

Sehingga, lanjut dia, dokumen syarat pencalonan sudah dianggap memenuhi syarat karena sehingga tidak dilakukan pemeriksaan. Di rapat tertutup tersebut, rincinya, masing-masing komisioner komisioner akan menilai dokumen yang bersangkutan. ”Tentu acuannya ada di Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3.

Kalau penetapan paslon memang kami tidak mengundang pasangan calon. Ini intern saja,” terangnya. Setelah masing-masing komisioner memberi pendapat dan kesimpulannya, bahwa apakah paslon memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai peserta pemilihan dalam pilwalkot Palopo tahun 2018. Setelah itu, dilakukan penandatanganan berita acara. Lalu kemudian berita acara diteken oleh para komisioner.

Sudah itu, KPU Palopo secara kelembagaan melakukan konfrensi pers. Di konrensi pers tersebut disampaikan pasangan calon yang memenuhi syarat tadi itu. ”Akan diumumkan paling lama 2 hari. Diumumkan di media massa,” tambah Samsul lagi.

Setelah penetapan pasangan calon, dilanjutkan dengan pencabutan nomor urut yang rencananya digelar di gedung SaodenraE Convention Center. Pencabutan nomor urut, menurut Samsul, berlangsung tanggal 13 Februari 2018, besok.

Kata Samsul, pencabutan nomor urut pasangan calon akan memuat beberapa ketentuan. Misalnya, pasangan calon wajib hadir, termasuk para LO.

KPU Turut membatasi tim masing-masing paslon demi efektifnya pelaksanaan pencabutan nomor urut ini. “Untuk paslon dan LO serta 150 tim lainnya yang wajib memasuki gedung,” katanya.

Sekaitan dengan sistem pengamanan, kata dia, pihaknya sudah koordinasi perihal itu. Pengamanan akan dilakukan di dalam dan di luar gedung. Pengamanan ini selalu disiapkan dalam mengawal pelaksanaan tersebut.

“Terkait sistem dan jumlah pengamanannya pihak kepolisian yang mengaturnya. Yang pasti harapan kami pelaksanaan ini berjalan tertib dan aman tanpa adanya gesekan,” katanya. (rul/ary)

Click to comment

Most Popular

To Top