Bibit Ayam akan Dikomersialkan – Palopo Pos
Metro

Bibit Ayam akan Dikomersialkan

PALOPO – Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perkebunan (PPP) Palopo, terus menggenjot perealisasian program seribu kandang. Dinas PPP menargetkan dalam tahun 2018 ini perealisasian bibit ayam untuk program seribu kandang itu dapat dituntaskan. Bahkan, rencananya Dinas PPP akan mengkomersialkan bibit ayam yang dikelola UPTD Perbibitan kepada masyarakat.

“Jika target seribu kandang ini tuntas maka bibit-bibit ayam itu dapat dijual guna menambah pendapatan asli daerah (PAD) ke depan,” kata Kepala Dinas PPP, Harisman.
Adanya rencana penjualan langsung bibit ayam itu kepada masyarakat dikarenakan produksi ayam yang dikelolah saat ini terus bertambah.

Selain itu, keberadaan masyarakat yang memiliki kecenderungan beternak ayam tidak sulit untuk mendapatkan bibit sebab Pemerintah telah menyiapkan produksi yang terbilang sangat cukup bagi masyarkat. “Bagi masyarakat yang mau beternak ayam bisa membelinya, kita bisa jual dengan harga yang murah,” terangnya.

Menurutnya, pelaksanaan program ini telah berjalan dan meliputi semua kecamatan di Kota Palopo. Pihaknya sudah beberapa kali menyalurkan bibit ayam itu kepada masyarakat penerima manfaat dengan jumlah yang terbilang tinggi.

“Kami sudah mulai menyentuh beberapa kecamatan lainnya seperti Bara untuk menyalurkan bantuan itu. Sebelumnya semua kelurahan yang ada di kecamatan Telluwanua sudah kami berikan dengan 2.700 ekor bibit ayam,” katanya.

Dalam memenuhi target itu, keberadaan bibit ayam yang ditarget dengan produksi banyak dapat mengakomodir semua masyarakat penerima manfaat yang di semua kecamatan. Pihaknya pula menargetkan produksi bibit ayam mencapai 2.000 ekor dalam sekali penetasan.

“Untuk waktu pengeraman sampai penetasan ya hanya membutuhkan waktu 21 hari. Jadi tidak lama waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan bibit tersebut,” tandasnya.(rul/rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top