Camat Sa’dan: Utamakan Skala Prioritas Usulan Masyarakat – Palopo Pos
Toraja

Camat Sa’dan: Utamakan Skala Prioritas Usulan Masyarakat

*Pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kecamatan

TORAJA UTARA — Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) berlangsung di Kecamatan Sa’dan, Senin, 12 Februari 2018. Kecamatan Sa’dan yang terdiri 8 lembang serta 2 kelurahan terlihat peserta Musrenbang cukup serius dalam memperhatikan proses berlangsungnya kegiatan tersebut pasalnya ini menyangkut soal pembangunan didaerah itu.

Kegiatan Musrenbang yang bertujuan untuk menjaring masukan-masukan aspirasi setiap lembang dan kelurahan terkait pembangunan yang dibutuhkan disetiap wilayah kecamatan untuk anggaran tahun 2019.

Nampak hadir dalam Musrenbang yang dilakukan di aula Kantor Kecamatan Sa’dan, diantaranya anggota DPRD Toraja Utara, Kapolsek Sa’dan Balusu’, Asisten, beberapa OPD, Koramil Sa’dan serta sejumlah undangan dari unsur warga serta lembang dan lurah.

Dalam sambutannya Camat Sa’dan, Yamarlin Mangiri, mengatakan setiap adanya rencana pembangunan di lembang dan kelurahan untuk program dan rencana pembangunan 2019. Harusnya disertai dengan masukan berupa usulan-usulan untuk anggaran tahun 2019 mendatang.

“Saya berharap kepada lembang dan lurah betul-betul melihat skala prioritas usulan dari masyarakat yang sifatnya mendesak yang diusulkan oleh warga. Dengan mempertimbangkan sektor ekonominya, sosial dan budaya pada pembangunan itu,” ujar Camat.

Ini juga dimaksudkan, agar adanya sinkronisasi terhadap proses pembangunan dari OPD, camat, lembang dan kelurahan sehingga bisa mempercepat program pembangunan yang ada.

Hal yang sama dengan Camat Sa’dan, rupanya ditimpali oleh Kapolsek Sa’dan Balusu, Y Parinding, dengan menghimbau adanya kerjasama dalam pengawasan di masing-masing wilayah sehingga tercipta pengawasan terpadu.

Dalam Rapat tersebut Asisten Administrasi Umum Setda Torut, Hetty Maria G Dalopis mengatakan agar Dinas Parawisata Torut dapat bekerjasama dengan Camat Sa’dan. Dalam meningkatkan peran objek wisata yang ada hingga mampu mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Marilah kita membuat program yang dapat meningkatkan peran masyarakat untuk meningkatkan sumber PAD melalui pariwisata yang ada demi terciptanya masyarakat sejahtera,” pungkasnya.(rp1/udy)

Click to comment

Most Popular

To Top