Ketua RT/RW Ujung Tombak Pemerintahan – Palopo Pos
Metro

Ketua RT/RW Ujung Tombak Pemerintahan

*Dari Penyaluran Insentif Triwulan I 2018

PALOPO — Penyaluran insentif untuk triwulan pertama tahun 2018 bagi ketua RT, RW dan LPMK mulai dilakukan.
Pemberian insentif ini diawali di Kecamatan Wara Selatan lalu Sendana dan juga Wara Timur, Senin 12 Februari 2018.

Penyaluran pertama dilakukan di Kecamatan Wara Selatan yang diserahkan langsung Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, MH secara simbolis kepada perwakilan Ketua RT, RW, dan LPMK Kecamatan Wara Selatan.

Kepala Bagian (Kabag) Pemberdayaan Masyarakat dan Kelurahan Setda Kota Palopo, Ardas Najeriah mengatakan, pada penyaluran insentif ini diharapkan kepada Ketua RT, RW dan LPMK lebih termotivasi meningkatkan peran, layanan kepada warga dan bersinergi dengan pemerintah melaksanakan pembangunan.

Sementara itu, Wali Kota meminta agar tidak dilayani dalam bentuk apapun administrasi kependudukannya jika asal-usul atau identitas awal dari bersangkutan tidak jelas atau tak diketahui.

“Tak mempunyai atau memiliki KTP dan surat pindah dari tempat asalnya jangan dilayani,” ungkap orang nomor satu di Kota Palopo ini.

Menurutnya, Ketua RT, RW dan LPMK ujung tombak pemerintahan yang bisa mewujudkan administrasi kependudukan yang lebih tertib. Hal ini berimplikasi positif pada bidang dan aspek lain.

Mantan Legislator Luwu ini berharap melalui bantuan tersebut, Ketua LPMK, RT dan RW bisa lebih maksimal dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Karena LPMK, RT dan RW merupakan ujung tombak pemerintah yang langsung bersentuhan dengan masyarakat.

“Jumlah insentif yang diberikan tidak seberapa. Namun setidaknya hal tersebut sebagai bentuk apresiasi dan kepedulian pemerintah kepada RT, RW dan LPMK,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Wali Kota juga meminta kepada para penerima manfaat agar dapat melakukan pengawasan terhadap kebersihan dan Narkoba. Pasalnya, Kota Palopo merupakan salah satu tempat yang menjadi sasaran untuk masuknya Narkoba.

Selain itu, sebutnya juga mendata warga yang kurang mampu agar Pemkot Palopo dapat memberikan bantuan.
“Saya harapkan camat dan lurah berkoordinasi kepada para Ketua RT/RW dan LMPK-nya untuk melakukan pengawasan dan pendataan,” tegasnya.

Sementara itu, Asisten I Setda Kota Palopo, Drs H Burhan Nurdin, M.Si, Camat Wara Selatan, Awaluddin Ismail serta lurah ikut menyaksikan penyaluran insentif tersebut.

Dimana jumlah penerima di Kecamatan Wara Selatan 69 orang, yaitu LPMK 4 orang, RW 14 orang dan RT 51 orang. Sedangkan di Kecamatan Sendana ada 72 orang penerima. Yakni LPMK 4 orang, RW 22 orang, dan RT 46 orang. Sedangkan Kecamatan Wara Timur 168 orang penerima. Yakni LPMK 7 orang, RW 33 orang dan RT 128 orang.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kota Palopo, Harisal A Latif mengatakan, pengurus RT/RW merupakan garda terdepan dalam memberikan pelayanan selain para lurah dan camat.

Selain membantu menjaga situasi kamtibmas di lingkungannya, RT dan RW juga berperan dalam memantau dan mengamati perkembangan yang terjadi di lingkungannya, termasuk membantu memenuhi kebutuhan warga akan pengurusan persuratan untuk keperluan dokumen kependudukan.

“Untuk itu kita harapkan RT/RW lebih termotivasi dalam mendukung setiap program Pemkot Palopo,” harapnya.(rhm)

Click to comment

Most Popular

To Top