Pupuk Langka, Komisi II Panggil Distribusi – Palopo Pos
Luwu Timur

Pupuk Langka, Komisi II Panggil Distribusi

MALILI — Pupuk langka disejumlah wilayah di Luwu Timur. Terkait kelangkahan pupuk bersubsidi yang saat ini menjadi soal di Kabupaten Luwu Timur, Komisi II DPRD Luwu Timur masi mencari solusi untuk mengatasinya.

Bahkan telah diadakan rapat dengar pendapat bersama Dinas terkait. Selain itu, Komisi II juga telah mengadakan RDP bersma distributor dan pengecer pupuk subsidi se-Luwu Timur.

Ketua Komisi II DPRD Luwu Timur, Iwan Usman kepada Palopo Pos menjelaskan, bahwa persoalan ini juga merupakan kewajiban pemerintah untuk menyalurkan pupuk beprsubsidip kepada para kelompok tani (poktan) yang berhak berdasarkan Rencana Definitif kebutuhan kelompo (RDKK) yang telah mereka buat didampingi penyuluh sesuai petunjuk dan aturan yang ditetapkan pemerintah.

Selain itu, Iwan juga menghimbau kepada para distributor dan pengecer pupuk bersubsidi agar menaati aturan Permentan yang berlaku.

“Distributor pupuk bersubsidi diharuskan memiliki modal yang cukup untuk menebus pupuk dan berkewajiban menyalurkannya kepada pengecer yang selanjutnya disalurkan kepada poktan yang berhak dan berdasarkan RDKK yang ada,” katanya, Senin 12 Februari 2018 di Malili.

Bahkan kata Iwan, pihak pengecer diharapkan menebus terlebih dahulu ke distributor dan selanjutnya para poktan menebus kepihak pengecer, dan tidak dibenarkan untuk membayar di depan (DO), dengan perinsip prinsipnya ada uang ada barang.

Komisi II juga mengajak dinas terkait akan melakukan tinjauan ke lapangan guna bertatap muka langsung dengan para poktan di masing-masing daerah untuk mendapatkan informasi tambahan.

“Kami membutuhkan data valid untuk merumuskan yang terbaik penyelesaian carut-marut terkait pupuk subsidi,” ungkap Iwan. (krm/idr)

Click to comment

Most Popular

To Top