Terpenting Raih Kemenangan – Palopo Pos
Utama

Terpenting Raih Kemenangan

* Paslon Tak Istimewakan Nomor Urut

PALOPO — Pilkada Luwu dan Palopo sudah dipastikan head to head. Basmin-Syukur dan Patahuddin-Emmy Tallesang akan bersaing di Luwu. Di Palopo begitu juga. Judas Amir-Rahmat Masri Bandaso head to head Ome-Bisa. Sekarang menarik dibahas adalah nomor urutnya. Biar bagaimanapun pasti ada pengaruhnya.

Namun, bagi paslon, nomor urut tak terlalu istimewa. Terpenting bagi mereka adalah bagaimana meraih kemenangan.

Bagi paslon semua nomor semua sama. Adapun pelaksanaan pencabutan nomor urut ini akan dilaksanakan 13 Februari 2018 di gedung Saodenrae Convention Centre (SCC), Jalan Akhmad Yani Palopo. Pelaksanaan pencabutan nomor urut hanya melibatkan 150 masing-masing tim termasuk di dalamnya kader parpol pengusung yang diberi tanda Id Card.

Pleno dilaksanakan secara terbuka pukul 16:00 Wita. Pleno ini wajib dihadiri pasangan calon (paslon) walikota dan wakil walikota Palopo.

Melalui juru bicara JUARA, Astamaga Azis, menilai kedudukan nomor urut yang melekat pada diri paslon tidak begitu penting apalagi diistimewakan. “Apapun nomor urut itu, saya kira semuanya sama. Dan kita juga tidak dapat menolak sebuah nomor urut karena itu merupakan simbol bagi tiap paslon,” kata juru bicara paslon Juara.

Demikian halnya paslon Akhmad Syarifuddin Daud-Budi Sada (Ome-Bisa). Ia menilai jika dirinya tidak mengidamkan salah satu nomor dari nomor urut paslon yang disediakan KPU. Apalagi, dalam penetapan nomor urut ini didasari pengundian sehingga apapun hasilnya tidak menjadi masalah. “Saya rasa semua nomor sama. Bagi kami yang terpenting adalah menang,” katanya.

Ketua KPU, Haedar Djidar, mengatakan, pleno pengundian nomor urut dilaksanakan berdasarkan tahapan yang telah ditetapkan. Untuk itu, pengundian nomor urut untuk paslon akan dilaksanakan sebagai salah satu tahapan pilkada serentak 2018. “Soal pengundian nomor urut ini saya kira tidak ada masalah. Mekanisme dan ketentuannya sudah disepakati bersama masing-masing tim paslon,” katanya.

Usai penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati Luwu, KPU Luwu masuk ke tahap pencabutan nomor urut paslon.

Tim sukses dari pasangan calon mengaku tidak mempunyai nomor yang ditargetkan sebagai nomor urut pada pilkada serentak yang akan digelar Juni 2018 mendatang.

Tim pemenangan Patahuddin-Emmy Tallesang, Kaimuddin, mengatakan apapun yang ditetapkan oleh KPU hari ini yang akan disosialisasikan tim Pata-Emmy.

“Untuk nomor urut kita serahkan saja kepada proses pengundian, apapun hasilnya itulah yang akan kami sosialisasikan,” ujarnya kepada Palopo Pos, Senin, kemarin.

Senada dengan itu, Ketua Tim Pemenangan Pasangan Basmin-Mattayang-Syukur Bijak, Rusli Sunali, usai penetapan mengatakan pihaknya tidak mempersoalkan nomor urut pasangan Basmin-Syukur saat pengundian besok (hari ini, red).

“Tidak ada masalah dengan nomor urut, nomor berapapun kami siap,” ujar Rusli Sunali, Senin 12 Februari 2018.

Terkait penetapan pasangan Basmin-Syukur kemarib, politisi asal PPP itu menyambut baik putusan KPU. Pihaknya sendiri mengapresiasi langkah KPU yang menetapkan pasangan BAIK.

“Saya sebagai tim merasa sangat bahagaia, ini langkah awal kami untuk melaksanakan tahapan pemenangan pasangan Basmin-Syukur,” ujar legislator Luwu itu. (fan-rul)

Click to comment

Most Popular

To Top